Fafavoice, catatan Fafa

Bangga Jadi Orang Indonesia


Judul Buku     : Kagum Kepada Orang Indonesia
Penulis            : Emha Ainun Najib
Penerbit         : Bentang Pustaka, 2015
Tebal              : 120x185mm 92 halaman
ISBN                : 9786022911333
Peresensi       : Lathifah Inten Mahardika


Emha Ainun Najib atau yang lebih dikenal dengan panggilan Cak Nun tak henti-hentinya berkarya, salah satu karyanya kali ini yang berjudul “Kagum Kepada Orang Indonesia” menggambarkan dengan jelas karakter orang-orang Indonesia. Pembaca disuguhkan dengan sifat-sifat dan kelakuan-kelakuan pribumi yang sebenarnaya dirasa biasa, namun jika dibandingkan dengan kepribadian pribumi bule akan terasa sangat berbeda.

Begitula ramu-ramu yang diolah Cak Nun dengan kata-kata sederhana, sehingga pembaca hanya bisa manggut-manggut dan akhirnya setuju dengan komentar-komentar Cak Nun yang berbau sarkastis terhadap bangsa sendiri namun begitu apa adanya.

Alih-alih mengejek orang Indonesia, Cak Nun justru dengan bangga berependapat orang Indonesia bersifat tawadhu  dan arif dengan sengaja memperlihatkan kekurangannya dan kemelaratannya. Sepertihalnya ejekan orang-orang tentang bagaimana berkembangnya negara Malaysia dari pada Indonesia. Padahal Indonesia bisa dianggap sebagai guru dan Malaysia adalah muridnya. Dengan santai Cak Nun mengelak semua itu, dengan pendapatnya sendiri:

“Tentu saja bagi setiap orang Indonesia yang bermental  Indonesia, adegan semacam itu akan membuat geli dan tersenyum gembira. Bukan tersenyum kecut. Orang Indonesia tidak membantah citra semacam itu. sebab kalau dibantah akan menjadi diketahui orang siapa sesungguhnya Indonesia. Orang Indonesia masyarakat dunia mengejeknya, justru tercipta kesan seperti itu tentang Indonesia. Iutlah yang namanya kearifan.”

            Meski begitu, budayawan lulusan UGM ini menaruh banyak harapan besar dan optimisme kepada Indonesia terlebih rakyat Indonesia. Ia percaya Indonesia adalah negara besar dengan Sumber Daya Manusia yang berlimpah dan berkualitas asalakan mau berusaha dan berkerja keras.

            “Potensi bangsa Indonesia sangat besar untuk bisa tampil dalam panggung kepemimpinan, asal saja kita mau dan serius. Formulasinya bisa dicari.”

Sebenarnya  dari pernyataan tersebut. Indonesia sangat mungkin untuk menjadi pemimpin dunia.Bukunya tipis yang hanya berisi 75 halaman ini memang paling enak dibawa kemana-mana. Sekali dibaca mungkin hanya membitihkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menghisap semua isinya. Humor-humor dan sindiran halus membuat pembaca bisa tertawa sendiri dan terheran-heran dengan lontaran-lontara yang terkesan nyeletuk tapi berbobot. Buku ini sangat dianjurkan bagi yang memandang Indonesia dengan pandangan skeptis dan pesimis. Bacaan berkualitas untuk semua kalangan.

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^