Fafavoice, catatan Fafa

Berkemah Seru di Hutan Pinus Puthuk Panggang Welut, Pacet

Pengalaman Berkemah di Puthuk Panggang Welut Pacet, Mojokerto.

Mengapa berkemah di Puthuk panggang Welut, Mojokerto?

Sudah siap berkemah? Menghabiskan quality time di akhir pekan, rehat sejenak di tengah hiruk pikuk perkotaan dan aktifitas yang padat. Bercengkrama dengan alam, mengisi ulang persediaan oksigen dalam tubuh kita.

Tidur di tenda beratapkan bintang dan di kelilingi pohon pinus. Memanjakan mata dan merehatkan tubuh yang penat. Lebih lengkap, mengabadikan momen bersama orang-orang tercinta, pasangan, sahabat, keluarga. Memori yang akan terus abadi sampai nanti. Di sini aku akan menceritakan pengalamanku berkemah bersama teman-teman dari  www.flpsurabaya.com


Lokasi Dekat dan Mudah Diakses
Letaknya strategis, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di hutan pinus puthuk panggang welut. Lebih tepatnya di kawasan lereng gunung Penanggungan, Desa Nogosari, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dari pondok amanatul cukup naik sedikit lagi untuk sampai di lokasinya.

Terjangkau 

Harga sewa, menginap, masuk bahkan harga makanan dan minuman di sini sangat terjangkau, meskipun di tempat wisata. Harga makanan berkisar 9.000 – 13.000. Kalau kalian datang rombongan bisa pesan makanan di sini jauh-jauh hari. DM Instagram aku ya, nanti aku kasih kontak ibu yang jual makanan murah dan bisa borongan.

Daftar Harga

  • Tiket parkir motor                 : 5000
  • Tiket parkir mobil                 : 10.000
  • Tiket berkemah/bermalam    : 15.000/orang
  • Kayu bakar                            : 30.000/ikat
  • Sewa Tenda(isi 4 orang)        : 70.000/tenda
  • Masuk tempat wisata             :8000/orang (tanpa berkemah)
  • Lebih lengkapnya bisa cek disini ya

 

Daftar Harga Berkemah di Puthuk Panggang Welut Mojokerto 2021-2022

 


Tenda
Sebenarnya tenda muat 4-5 orang. Tapi lima orang itu sempit banget, tidak leluasa bergerak. Jadi aku sarankan satu tenda untuk 4 orang saja ya. Kondisi tendanya bagus, sudah ada dua matras dan dibongkar pasang oleh panitia, jadi kita tidak perlu repot.

Kayu Bakar

Kayu bakar 30.000 satu iket ini lumayan banyak dan kayunya bagus-bagus. Tapi pas aku kemah kemaren sampai habis 3 iket karena hujan deras. Bayarnya langsung ke bapak-bapak yang antar kayu bakar, namanya Pak Latif.

Parkir
Motor atau mobilnya bisa kamu parkir sampai atas asal bisa naik. Jika kamu datangnya lebih pagi, belum terlalu banyak kendaraan, kamu bisa naik sampai ke lokasi/blok tenda kamu. Tapi jika sudah banyak kendaraan, tempat parkirnya jadi terbatas.

Blok
Area kemah sebenarnya luas, ada beberapa blok yang sudah tersedia. Dari mulai yang paling ujung atas sampai yang ujung bawah. Jadi kamu bisa pesen jauh-jauh hari untuk menentukan blok/lokasi tempat kamu berkemah di puthuk panggang welut. Pilihlah blok yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Ada blok yang paling atas, ada yang dekat dengan mushollah, blok dekat dengan panggung.

Motor atau mobilmu pun bisa diparkir sampai atas, lokasi tendamu berada. Tapi ya harus datang lebih awal, agar tidak ramai. jika lokasi sudah ramai dan banyak orang, bagaimana mau bawa kendaraan ke atas?

Kamar mandi
Kamar mandinya banyak jadi enggak usah khawatir. Cuma nih ya, karena peserta kemahnya banyak. Jadi ketika kemarau airnya enggak keluar. Atau sehabis hujan, karena tanahnya yang becek dan menempel ke sandal. Jadi tanahnya terbawa ke kamar mandi. Lah kalo kamu berada di posisi keduanya. Waktu kemahmu pas kemarau, tapi hujan pertama. Yaudah sabarin aja ya.

Penduduk yang Ramah.
Meskipun mereka penduduk desa, yang mungkin belum pernah memahami SOP. Tapi mereka benar-benar ramah dan enak banget diajak diskusi. selalu tersenyum dan menyambut kita dengan hangat. Berlama-lama di sana sangat menyenangkan.

Bising


Berkemah di puthuk panggang welut, Pacet Mojokerto memang menyenangkan. Orang-orangnya ramah, harga makanan dan minuman murah. Hamparan Pohon Pinus yang memanjakan mata dimanapun kita menginjakkan kaki.

Namun sayangnya banyak tetangga kemah yang ramai sendiri, acuh dan tidak memperhatikan nasib tetangganya yang terganggu dan tidak bisa tidur nyenyak. Bayangkan suara-suara musik yang saling bersahutan di tengah malam. Bergantian dari berbagai arah.

Air Terjun

Air terjun di Puthuk Panggang Welut ini ada dua, air terjun asli dan air terjun buatan. Air terjun alami namanya air terjun watu gedhek, airnya kenceng dan seger. Tapi ketika musim kemarau airnya enggak keluar. Sedangkan air terjun buatan, airnya mengalir dari pipa – pipa gitu dan ditampung di kolam. Tapi semuanya sama-sama oke.

Hujan
Jika hujan datang, tendanya enggak akan bocor. Namun aliran air akan masuk dari bawah. Jadi perhatikan cuacanya, jangan berkemah bila cuacanya mendung. Datanglah bila cuaca sudah cerah.

Spot Foto yang asyik dan Istagramable

Beneran deh, emang tempat ini diciptakan untuk berfoto ria. Setiap sudutnya asyik buat foto. banyak tulisan/kalimat kekinian yang bikin baper dan asyik dibuat status. Spot fotonya banyak banget. Jadi pasti punya banyak cadangan ganti foto profil dan update status.

Saran Berkemah di Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Jadi saranku, datanglah ketika cuaca bagus, pas hari biasa(jangan hari libur/weekend). pesenlah blok dulu(punya kontak pengelola). Selalu cek ulang perlengkapan yang ada. Kalau bisa jangan lupa survei.

Happy Traveling!


Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^