Fafavoice, catatan Fafa

Green Blogger, Kenapa tidak?



Susitanibility

Secara umum sustainability artinya kemampuan untuk mendukung suatu proses secara terus menerus. Dalam  ranah lingkungan, mencari dan mencegah berkurangnya sumber daya alam, agar tetap terjaga dalam jangka waktu yang panjang. Kegiatan yang tidak merusak lingkungan dan mampu menjaga kestabilan lingkungan dalam waktu yang lama.

Sebenarnya menjaga keberlangsungan sumber daya alam ini sangat mudah dan bisa dilakukan dalam aktifitas sehari- hari. Tidak harus menjadi aktifis lingkungan, pecinta alam atau praktisi hidup sehat untuk menjaga sustainability bumi. Duduk di depan laptop, menyusun tema – tema tulisan yang berkaitan dengan isu lingkungan atau krisis iklim bisa memberikan dampak yang luar biasa.

Privilage blogger

Blogger sebagai seorang indinvidu bisa menggapai banyak orang yang menggunakan internet. Dengan dengan satu kali klik blogger mampu mengedukasi jutaan umat manusia tentang tulisan – tulisan yang bertema sustainability. Dari satu tulisan ke tulisan berikutnya blogger mampu mengubah gaya hidup, prespektif dan cara pandang yang baru.

Sebagai green blogger

Green blogger atau seorang penulis blog yang fokus membahas topik – topik bertema hijau atau sustainability. Green blogger sudah ada sejak lama, namun perkerjaan ini tidak populer di Indonesia. Green blogger pun memiliki tema dan topik yang beragam, karena definisi green cukup luas bisa mencakup berbagai lini kehidupan manusia. Ada beberapa tema khusus yang biasa dipilih green blogger:

Makanan vegan yang mengurangi emisi, memilih produk kecantikan dengan bahan mudah diurai dan ramah lingkungan, tips menjadai green family. Membahasa issue personal keseharian untuk memilih hidup green. Berikut beberapa topik yang bisa dipilih blogger untuk mendukung sustainibility:

Green Food

Apakah green food hanya tentang sayur hijau. Tentu saja tidak, blogger bisa membahas tips mengubah pola makan, menganalisa sumber makanan, kebiasaan makan yang lebih sustainable

Green lifestyle:

Gaya hidup yang ramah lingkungan bisa berupa transisi sederhana gaya hidup lebih santai, hidup berdampingan dan menjaga alam dan hidup penuh dengan ketenangan hati. Tidak hanya itu, green lifestyle juga bisa membahas tips memasak makanan sehat, membersihkan rumah dengan produk dan cara yang ramah lingkungan, membeli produk mainan anak yang ramah lingkungan.

Green Skin Care:

Blogger bisa menuliskan tips dan trik memilih dan menggunakan produk perawatan wajah dan kulit yang lebih ramah lingkungan, mungkin dengan bahan organik, atau kemasan yang bukan sekali pakai.

Masih banyak topik yang bisa dipilih green blogger untuk menulis blog bertema sustainability. Hal – hal bersifat personal dan sederhana yang bisa dipraktekkan pembaca dalam keseharian. Dengan demikian blogger pun berperan meningkatkan awarenes berbagai hal bertema sustainability. Kamu bisa belajar membuat blogs dan mengusung tema sustainability. Mau tau caranya? ini Cara blogger blogspedia.

Pastikan kualitas dan sumber konten terpecaya,

Berbagai isu iklim bisa saja saling bertentangan. Blogger harus jeli, peka mampu menganalisa masalah sebenarnya dan tidak terbawa arus informasi.

Jangan sampai tulisan kita terdengar receh, berkoar – koar di permukaan tanpa ada data atau pemahaman yang mendalam. Pembaca yang bijak tentunya memahami kualitas sebuah tulisan. Untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan pembaca kita harus benar –benar memilah dan memilih sumer tulisan.

Jika pembaca menyukai kualitas konten kita, dia akan memilih untuk membaca konten – konten berikutnya tanpa ragu. Namun bila pembaca terlanjur kecewa, tentu saja ia tidak akan membaca konten berikutnya. Buatlah pembaca percaya dengan konten blog yang kita tulis.

Bahasa

Tugas blogger adalah menerjamahkan bahasa ilmiyah yang rumit, menyerdehanakan agar pembaca juga mampu menganalisa kondisi dan situasi tentang seberapa buruk atau seberapa ringan masalah kisis iklim yang kita hadapi.

Headline berita yang terkadang terlihat begitu mengkhawatirkan atau kasus – kasau iklim yang semakin mengkhawatirkan akan membuat beberapa orang ketakutan dan menganggap memperjuangkan iklim adalah suatu yang susah dan berat. Tugas green blogger menjembatani hal yang terlihat susah dan membuatnya mudah dan menyenangkan bagi pembaca.

Gaya bahasa yang digunakan sebaiknya memang bernuansa positif, memberi harapan dan mengajak. Tulisan blogger menggunakan kata – kata yang memberikan harapan bahwa kondisi bumi bisa membaik, merangkul untuk bergerak bersama untuk memperjuangkan alam.

Karena gap yang terlalu besar antara aktifis lingkungan dan masyarakat pada umumnya tidak akan menyelesaikan masalah utama kita. Sustainability akan tercapai bila semua orang memiliki pemahaman yang sama dan berjuang bersama.

Selalu Up to date

Semakin ke sini isu lingkungan selalu hangat dibicarakan. Kita bisa mengikuti kanal berita atau media sosial yang selalu menyajikan topik dan berita terbaru tentang sustainability atau green life. Blogger bisa mengelola tema dengan menambahkan refrensi pribadi, opini atau tambahan.

Karena dunia bergerak bergitu cepat, pembaca selalu ingin mengetahui hal – hal baru mengenai topik atau tema yang mereka sukai. Sedangkan topik – topik lama yang terus terulang tidak akan asyik dibaca, terlebih eksekusi penulisannya juga tidak menarik.

Konsisten

Kewajiban seorang blogger adalah menulis, menulis, dan menulis. Percuma bila ide brilian, tema menarik, sumber bacaan sudah begitu banyak. Namun praktiknya tidak ada. Konsistensi bagi seorang blogger adalah harga mati, agar tulisan di blog bisa dibaca banyak orang dan tulisan pun semakin bermanfaat.

Memilih barang yang akan disponsori/memilih sponsor dengan bijak

Blogger harus memilih produk yang disponsori dengan bijak apakah produk itu mendukung sustainibility atau tidak. Tidak asal menerima semua job atau sponsor yang masuk. Karena tanggung jawab penulis yang begitu besar inilah akankah lebih baik tetap memilih produk – produk yang mendukung sustainability.

 

Refrensi

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/17524032.2018.1474783

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/sustainability

https://ecobnb.com/blog/2021/02/sustainable-living-blog-writing/

https://www.investopedia.com/terms/s/sustainability.asp

 

 

 

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^