Fafavoice, catatan Fafa

Gudetama dan shakipiyo mencari ibunya




Jika mendengar judul tersebut jadi inget anime hachi ya, kisah hachi mencari ibunya yang dulu menemani  hari-hari kita saat kecil. Serial Gudetama ini terdiri dari 10 episode, meski hanya berdurasi sekitar 10 sampai 12 menit setiap  episodenya, anime Gudetama: An Eggcellent Adventure ini sangat unik karena memadukan antara animasi CGI dan Live action membuat serial ini semakin epik dan menarik.

Sejak etualangan mereka dimulai hingga akhir cerita, banyak pelajaran yang bisa kita petik hikmahnya:

1.       Menjadi diri sendiri dan fokus pada tujuan

Semua karakter menunjukkan karakter yang kuat dan mereka tetap menjadi diri mereka apa adanya. Gudetama tetap menjadi pemalas, shakipiyo yang terus bersemangat. Tidak perlu menjadi orang lain. Semua karakter telur mengungkapkan ide, gagasa dan keinginan mereka, telur ikan, tamago di restauran, sandwich telur, mayonaise bahkan telur busuk yang ingin kembali normal.

2.       Kekompakan

Mereka saling berkomunikasi, saling memahami karakter temannya tanpa menjudge. Mereka berdua saling tolong menolong ketika yang lain mengalami kesulitan. Lebih tepatnya shakipiyo selalu berusaha untuk menolong dan membantu si Gudetama agar tidak dimakan orang, tidak membusuk, dan tidak dimakan burung.

3.       Pantang menyerah

Walau menghadapi masalah dan ujian berkali-kali, mereka berdua tidak pantang menyerah. Terus fokus mencari solusi atas permasalahan mereka. Berusaha untuk keluar dari restauran sushi, berusaha membantu perdana mentri, berusaha agar gudetama tidak membusuk. Tentu saja berjuang untuk bisa bertemu dengan ibu mereka di sebuah perternakan. Perjuangan mereka patut diapresiasi

 

Hal yang paling menarik dalam cerita ini adalah tingkah mereka berdua sangat konyol dan lucu, suara gudetama terdengar begitu pemalas, sedangkan piyo overexpressif, dan selalu mengawali dengan kata piyo.  Serial Gudetama: An Eggcellent Adventure sangat cocok di tonton oleh semua umur, kisahnya ringan, bergenre slice of life, komedi dan sarat akan banyak makna tentang kehidupan. Boleh ditonton bersama-sama dengan keluarga besar di akhir pekan, pokoknya cocok banget untuk me time bareng keluarga.

Berikut saya tuliskan sinopsis lengkap, berdasarkan serial Gudetama: An Eggcellent Adventure yang tayang di Netflik pada Desember 2022 silam. Bagi yang tidak ingin dipoiler tidak perlu membacanya sampai akhir.

Kisah ini bermula dari Gudetama, telur pemalas yang terlepas dari cangkangnya dan shakipiyo anak ayam mungkil penuh semangat yang baru menetas. Mereka dipertemukan di lemari penyimpanan restauran sushi. Shakipiyo mengajak gudetama untuk mencari ibu mereka yang bernama Julia.

Sebenarnya gudetama ini begitu pemalas dan enggan mengikuti ajakan shakipiyo. Namun karena semangat shakipiyo yang membara, mereka pun memutuskan untuk mencari mama bersama. Petualangan pun di mulai, mereka berusaha keluar dari restauran sushi.

Di episode restauran sushi, berbagai telur disajikan dengan cara yang berbeda dengan kepribadian unik yang berbeda. Telur kecil, telur dadar, puding telur memiliki karakter unik tersendiri.

Mereka pun bertemu perdana mentri di kantor perdana mentri. Ternyata perdana mentri begitu pemalas dan suka tiduran di lantai ketika mengerjakan tugasnya. Bahkan sebenarnya Pak Mentri dan gudetama itu sama-sama suka bermalas-malasan. Pak Perdana Mentri malah curhat kepada si Gudetama.

Pak PM pun galau dengan protes yang diajukan warganya di depan kantor. Harus menjadi mentri seperti yang diinginkan rakyat, itulah yang curhatan perdana mentri. Entah kenapa, justru gudetama tiba-tiba ingin menjadi perdana mentri. Mereka pun berkampanye dan mengumpulkan massa. Setelah menjadi menteri sebentar, gudetama pun tiba-tiba memundurkan diri karena alasan kesehatan. Hahaha

Hampir ditangkap karena tuduhan yang salah, mereka pun segera kabur dari gedung perdana mentri dan bertemu guretama, sebuah telur yang sudah lama membusuk. Guretama hampir menabrak mereka. Ia memiliki karakter yang kasar seperti preman dan ingin meminta sesuatu dari mereka. Namun ternyata di balik sifat Guretama, ia tidak ingin menjadi telur busuk. Ia dulunya juga seperti gudetama telur normal. Namun, semuanya sudah terlambat, guretama adalah jamuan telur yang dilupakan.

Untuk itulah guretama tidak ingin gudetama menjadi seperti dirinya, dia pun menyarankan gudetama untuk segera mencari obat yang mampu menghentikan pembusukan gudetama. Singkat cerita shakipiyo dan gudetama pun sampai ke sebuah bar yang dipenuhi dengan telur. Telur dalam bentuk apapun ada di bar tersebut. Akhirnya mereka pun berhasil menyelamatkan gudetama.

Gudetama dan shakipiyo diantar ke sebuah restaurant telur. Mereka pun akhirnya sampai di sebuha perternakan untuk mencari ibunya yang bernama Julia. Namun ternyata semua telur bernama Julia. Julia adalah jenis ayam. Shakipiyo tidak menyerah, ia pun menemui pemilik perternakan dan menyerahkan barcode telur dari box tempatnya menetas. Tapi pemilik perternakan menjelaskan bahwa ibunya sudah tidak ada dan shakipiyo pun semakin sedih. Ternyata cangkang gudetama dulunya berwarna biru, ia dan shakipiyo berasal dari dua ibu yang berbeda. Ibu Gudetama bernama Kana. Gudetama pun berhasil menemukan Kana, dia tidak menyesal berpetualang bersama dengan Shakipiyo.

Setelah bertemu dengan ibunya, si gudetama ingin dimakan dengan cara paling sederhana dan unik yakni dimakan bersama nasi hangat. Ya beneran coba si gudetama dimakan sama nenek perternakan, karena itulah jalan hidupnya, sedangkan shakipiyo masih harus berpetualang lagi untuk mencari ibunya. Setelah kakek dan nenek perternakan meng-scan barcode yang selalu dibawa shakipiyo ternyata ibunya masih hidup, namun berada di perternakan yang berbeda.

Shakipiyo pun langsung bergegas berpetualang, sedangkan gudetama baru telah lahir dari cangkang kuning. Begitulah akhir dari cerita Gudetama dan Shakipiyo

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^