Fafavoice, catatan Fafa

Seblak Mantul di Kedai Asri



Seblak Mantul di Kedai Asri

Seblak, makanan favorit kaum hawa ini terbuat dari bahan dasar kerupuk yang direbus.  Dulunya di Daerah Jawa Timuran, kerupuk yaa digoreng untuk penambah lauk, memberikan tekstur krenyes pada setiap masakan yang berkuah.

Namun setelah seblak menginvasi lidah masyarakat Indonesia, olahan kerupuk kuah dengan campuran bumbu kecur, bawang merah, bawang putih, cabai, penyedap dan garam. Kemudian ditambah dengan berbagai toping pelengkap seperti mie, sayur, makaroni dan aneka fozen food menjadi primadona masakan kekinian. Seolah tidak ada habisnya kreatifitas warga Indonesia dalam menciptakan berbagai inovasi masakan. Alhamdulillah

Tidak semua penjual seblak mampu menciptakan rasa yang mantap nan nikmat. Meski ukuran “enak” relatif dan bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya. Tapi katagori enak inilah yang membuat kita menjadi pelanggan dan setia untuk bolak balik pada satu toko yang sama. Tidak jarang setelah mencicipi seblak di tempat tertentu, harus merelakan rasa kecewa karena lidah memang tidak pernah bisa berbohong.

Akhirnya setelahnya pencarian panjang, aku menemukan salah satu kedai seblak yang murah, toping melimpah dan tentu saja mantap rasanya. Nama kedainya asri, seasri menu dan masakannya. Kedainya kecil terletak di pinggir jalan. Tapi rasa makasannya juara.

Kedai Asri baru saja didirikan sekitar satu bulan, jadi kalian tidak akan menemukan jejaknya di media sosial, online food atau bahkan google map, karena memang belum sempat didaftarkan. Belum didaftarkan saja, kedai ini selalu ramai pengunjung dan jarang sepi. Meski kebanyakan pelanggan adalah orang-orang komplek sekitar situ saja, aku yakin jika sudah pernah mencicipi rasa seblaknya, pasti ingin kembali lagi.

Harganya terjangkau

Satu porsi seblak hanya dibandrol 8000 rupiah saja, untuk kategori kabupaten Sidoarjo ini adalah harga yang murah karena isiannya banyak. Kerupuknya ada yang panjang, bulat kecil, bunga, dan kerupuk mawar yang biasa digunakan pendamping nasi. Sayurnya juga ada sawi putih dan hijau, mie kuning, serta sosis, bakso sapi, bakso ikan dan scallop. Dengan porsi cukup yang membuat perut kenyang dan puas. Takaran rasanya pas, rasa kencurnya pas.

Selain itu kita juga bisa menambah berbagai macam toping forzen food agar seblak semakin mantap. Varian toping berkisar 1000 - 2000 rupiah, ada udang, ikan, ceker, tofu, twister, crab stick, kembang cumi, dumpling, chikuwa, salmon fish, otak ikan dan fish roll. Pokoknya komplit deh. Tingkat kepedasan seblaknya juga bisa disesuaikan dengan request kita. Jadi bisa pedas, bisa juga enggak pedas.

Ada lagi satu menu yang tidak kalah enaknya, yakni korean sea food. Olahan ikan seperti bakso ikan, odeng, sosis, dumpling disiram saus korean spesial. Entah kenapa rasa sausnya berbeda dari saus topokki pada umumnya. Saus korea yang ini rasanya sangat pas sesuai dengan lidah orang Indonesia jadi gurih enak gitu, tapi tetap ada cita rasa korea.

Kedai asri juga menyediakan burger seharga 5000 - 7000 , kebab dengan harga 5000 – 10.000 rupiah , pisang lumer 12.000 rupiah dan kentang 10.000 rupian. Karena aku belum mencoba semua menu itu jadi aku tidak bisa memastikan rasanya. Jika kalian mampir ke kedai Asri, aku tetap menyarankan untuk membeli seblak dan kosean sea food nya saja hahaha.

Selain itu keda asri juga mendiakan minuman penyegarnya seperti es cokelat seharga 8000 rupiah, pop ice plus toppingnya seharga 5000 rupiah, original tea seharga 3000 rupiah, good day tea seharga 7500 rupiah, dancow tea seharga 8500 rupiah,  chocolate tea, milo tea, matcha tea, cappucino tea, milk tea semuanya seharga 6500 rupiah.


 

Ditambah pelayanan yang ramah dan baik dari ibu penjualnya. Dan musik-musik up to date yang slow bikin nongkrong jadi makin oke

Namun sayangnya tempatnya kecil, karena sebenarnya kedainya itu rumah yang dimodifikasi. Untuk itulah jika sudah ada orang yang makan di sana, tidak ada tempat bagi pengunjung lain, jadi ya harus dibungkus. Kekurangan lainnya, tidak ada kipas di kedai ini, hanya ada kipas kecil itu pun jauh dari pengunjung. Jadi jika datang siang, maka suasananya terasa cukup panas.

Di tempat ini juga kurang ramah lingkungan. Jika membungkus seblak masih menggunakan sterofom. Jika makan di tempat masih diberi sendok dan garpu plastik. Mungkin agar praktis dan tidak perlu mencuci. Namun ya kurang ramah lingkungan karena menggunakan plastik sekali pakai hanya akan menumpuk dan menambah beban sampah untuk bumi kita tercinta. Jadi mungkin bisa disiasati dengan membawa sendok sendiri dan menolak sterofom.

Membuat seblak membutuhkan waktu yang cukup lama, jika sedang ramai pengunjung, maka kita harus rela antri cukup lama sampai pesanan kita selesai. Jika kebetulan kita datang pas sepi malah enak, tidak perlu menunggu terlalu lama dan cukup duduk sebentar, 5 menit kemudian, seblak sudah jadi. Jika tidak ingin mengantri, bisa datang selain di jam sibuk seperti makan siang atau makan malam.


 

 

Lokasi

Untuk kalian yang rumahnya di daerah sedati, lebih tepatnya Pabean dan ingin makan seblak atau korea sea food yang enak, kenyang dan porsinya banyak. Bolehlah datang ke Kedai Asri. Letaknya di Komplek perumahan Pabean Asri.

Jl. Abdul Rahman No.127, Daras, Pabean, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61253.

Untuk yang punya hajatan/acara kedai Asri juga menerima pesanan di nomor 0881036765528.

 

 

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^