Fafavoice, catatan Fafa

Sinom dan Bandrek Adipati Minuman Segar Menyehatkan

 

 

Semua orang pasti tidak lengkap harinya tanpa ditemani secangkir teh atau kopi untuk memulai hari. Namun karena banyaknya kadar kafein dan efek negatif ada baiknya kita mulai membiasakan idir dan beralih dengan meminum yang sehat tapi tetap menyegarkan. Salah satunya minuman tradisional khas Jawa. Siapa yang suka jamu? Rasa Jamunya segar menyehatkan dan tidak terasa pahit sama sekali. 

SINOM ADIPATI

Sinom adalah jamu khas Jawa Timuran, yang jarang saya temukan di Jawa Tengah ataupun Jawa Barat. Bahan utama minuman kesehatan ini asalah adalah daun Sinom, itulah awal nama dari jamu berwarna kuning ini. Namun resep sinom umikku ini tidak menggunakan daun Sinom melainkan menggunakan asam jawa mentah, itulah kenapa rasanya segar. Resep sinom Adipati buatan umik sudah matang selama 7 tahun umik mencari rasa yang pas. Langsung saja ya, saya bagikan resep sinom Umik:

Versi Bancakan (Rame-rame) untuk 50 botol ukuran 330 ml

Bahan:

  • Air                        20 Litter
  • Gula                      2 KG
  • Asam Mentah       280 gr
  • Kayu Manis         1 Ruas jari
  • Kunyit                  1 ons
  • Temulawak          ½ ons
  • Kapu logo            10 biji
  • Cengkeh              10 biji

Alat:

  • Panci Besar
  • Saringan
  • Eros/gayung untuk mengaduk

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan semua bahan. Kupas, timbang dan cuci bersih semua bahan, iris sedang kunyit dan temulawak.
  2. Panaskan air, tunggu sampai mendidih. Masukkan semua bahan kecuali gula.
  3. Rebus selama 15 menit, matikan kompor lalu angkat.
  4. Aduk semua bahan, saring air sinom untuk memisahkannya dari ampasnya.
  5. Tambahkan gula ke dalam sinom lalu aduk sampai gula larut
  6. Tunggu sampai air dingin dan mengendap. Lalu masukkan sinom ke dalam botol dan buang endapannya.

Perlu diperhatikan:

·         Jika ingin membuat versi 10 botol, semua bahan bisa dibagi 5 ya

·         Asam Jawa di sini bukanlah Asam Tamarin yang Asam buah manis itu ya. Asam digunakan dalam resep ini adalah Asam Jawa Mentah yang biasanya digunakan untuk memasak sayur asam.

·         Untuk mendapatkan timbangan yang pas, Kunyit, Asam, dan Temulawak harus sudah dalam keadaan dikupas/dikerik. Jadi kupas dulu baru ditimbang.

·         Gula dituangkan di akhir ya, setelah dari kompor.

·         Jadi sinom Adipati ini bisa bening dan segar karena melalui proses penyaringan dan pengendapan, plus gula yang dicampur di akhir. Namun banyak teman-teman umik yang su’uzon dan dikira bening karena campuran sitrun/bahan lainnya. NO NO, untuk keluarga enggak boleh macam-macam. Jadi tanyakan baik-baik sebelum melabeli sesuatu.

Ketahanan:

Karena berdasarkan bahan alami, jadi sinom adipati ini bertahan kurang lebih 36 jam di suhu ruang. Tujuh hari dingin kulkas biasa. Dan satu bulan untuk suhu frezer. Jadi bila tidak segera diminum boleh langsung disimpan di lemari pendingan ya.

Manfaat:

Karena berbahan dasar utama Asam, Kunyit, Temulawak, Kapulaga, Cengkeh dan Kayu Manis. Minuman ini membuat badan jadih lebih ringan, meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh, menangkal bakteri, menyembuhkan radang, dan kaya antioksidan.

Bandrek Adipati

Selanjutnya adalah resep yang ditunggu-tunggu. Resep Bandrek, minuman khas Jawa Barat disukai bapak-bapak, ini bisa digunakan sebagai alternatif minum kopi ya. Ya kan maklum bapak-bapak selalu indentik dengan rokok dan kopi. Ada baiknya mengurangi kopi, dan menggantinya dengan Bandrek Adipati.

Karena keluarga kami tinggal di Jawa Timur, minuman sinom sudah banyak yang berjualan, jadi tidak asing lagi. Lain halnya dengan Bandrek Adipati ini. Banyak yang penasaran dan menyukai bandrek adipati buatan umikku tersayang. Karena rasanya yang khas, hangat, nikmat dan menenangkan. Tentu saja minuman yang asing bagi masyarakat Jawa Timur, selalu menarik perhatian setiap umik membawa beberapa botel ke acara rewang acara.

Maklum umikku tidak mengedapnkan profit dan suka berbagi. Jadi beliau sering membuatkan puluhan sampai ratusan botol gratis untuk acara terdekat saudara atau teman-temannya. masyaAlla sekali umikku memang, beda sekali dengan anaknya ini hahahaha. Cuz, langsung aku bagikan resep Bandrek Adipati.

Bahan:

  • Air                          6 gayung/6 liter
  • Gula Jawa               ¾  kg
  • Jahe                       150 gr
  • Sere                       6 batang besar digeprek
  • Pandan                  3 lembar
  • Susu Carnation     500 ml

Cara memasak:

  1. Cuci bersih semua bahan. Geprek Sere. Parut Jahe menggunakan parutan kasar.
  2. Masukkan semua bahan kecuali susu carnation ke dalam air.
  3. Panaskan air campuran bahan di atas api besar. Tunggu sampai mendidih
  4. Setelah air rebusan mendidih, tunggu sampai 5 menit. Lalu matikan api dan angkat air rebusan.
  5. Saring air rebusan bandrek dan pisahkan dari ampasnya. Setelah itu, campurkan susu carnation ke dalam air rebusan bandrek dan aduk sampai merata.
  6. Tunggu sampai mengendap, masukkan bandrek ke dalam wadah atau botol. Lalu buang ampasnya

Yang perlu diperhatikan:

·         Sama sepertihalnya sinom (kunyit dan temulawak) jahe harus dikupas terlebih dahulu baru ditimbang.

·         Gula jawa yang digunakan adalah gula Jawa besar yang manis. Bila gula jawa yang digunakan berbeda (tipe sedikit asin), maka rasa pun akan berbeda

·         Bila sere yang digunakan berukuran kecil maka jumlahnya ditambah 2 jadi 8 sere

·         Susu kental manis yang digunakan adalah susu carnation. Bila menggunakan merek yang lain, maka rasa pun akan berbeda.

Ketahanan Bandrek Adipati

Bandrek adipati menggunakan susu carnation, sehingga tidak bertahan lama (lebih cepat basi dari Sinom Adipati) Ketahanan suhu ruang adalah 24 jam, suhu pendingin biasa 5 hari, suhu dingin frezer 10 hari. Jadi harus berhati-hati dalam penyimpanannya ya.

Manfaat

Minuman favorit ini selain rasanya yang mantap juga memiliki segudang manfaat. Karena terbuat dari jahe, sere, pandan dan gula jawa, bandrek Adipati mampu menghangatkan badan, melegakan tenggorokkan dan tentu menjaga kekebalan tubuh. Selamat mencoba resep andalan keluargaku ya. Di jamin para tamu akan suka dan sangat cocok untuk dijadikan suguhan. :D

 

 

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^