Fafavoice, catatan Fafa

Vivo T1 5G, Performa Juara Didukung Jaringan 5G




Sekitar empat bulan yang lalu aku memutuskan untuk membeli gawai baru, setelah lagi – lagi kehilangan gawai di kamar, agak ngeri ya memang hidupku ha-haha. Hampir setiap satu – dua tahun sekali aku berganti gawai, bukan karena banyak uang atau bosan, tapi karena teledor, lupa dan pencurian.

Merek gawai yang selalu aku beli adalah xiaomi, selain murah, xiaomi memiliki spek yang lengkap dan bagus dan saya yakin masyarakat Indonesia kebanyakan memilih xiaomi. Saya pernah menggunakan gawai dengan merek lain dan waktu itu hanya bertahan dua tahun karena mesinnya rusak. Sejak saat itu saya memutuskan untuk selalu memberi xiaomi karena cukup kuat dalam genggaman saya.

Namun akhir – akhir karena sering kehilangan gawai pintar xiaomi, saya pun memutuskan mengalihkan pilihan saya pada merek gawai yang berbeda. Sebelumnya saya sudah mereview di gadgetin, suatu keajaiban vivo yang menawarkan gawai 5g dengan spek yang merata baik di processor, internal, ram, layar, NFC.

Meski bila dibandingkan tidak sebagus xiaomi POCO M4 pro, tapi overall oke banget dipake dan saya sebagai pengguna cukup puas dan nyaman menggunakan gawai vivo t1 dengan harga 3 juta pas.

Kelebihan Vivo T1 5G

5G

Yang menjadi daya tarik utama Vivo T1 5G tentu saja jaringan 5G nya. Awal kemunculan jaringan 5G di Indonesia pada tahun 2021 didukung dengan dua provider Telkomsel dan Indosat. Ternyata pengunaan jaringan 5G masih sangat terbatas, diprioritaskan destinasi wisata dan ibu kota Jakarta. Jadi jaringan 5G indosat belum ada di Sidoarjo. Baru ada di Jalan Pemuda, Jalan Tunjungan Surabaya, dan daerah sekitar Muyosari – ITS.

Kalian bisa cek dengan pasti apakah jaringan ini ada di daerahmu dengan membuka tautan https://www.nperf.com/id/map/ID/ dan fokuslah pada daerah berwarna ungu, itulah tanda daerah tersebut sudah tersedia layanan 5G. Jadi sebenarnya saya sendiri belum mencoba vitur 5G ini karena belum didukung di tempat saya tinggal.

Jika di daerah tempat tinggal kalian sudah ada 5G dan kalian adalah tipe orang yang membutuhkan jaringan cepat baik untuk perkerjaan atau hiburan. Maka memilih jaringan 5G ini sangat dianjurkan, kecepatan jaringan 5G tidak perlu diragukan. Jika kecepatan maksimum jaringan 4G adalah 100 mbps maka 5G bisa sampai 10 gbps atau 10.000 mbps. Itu artinya jaringan 5G 100x lebih cepat dari jaringan 4G. Selain itu bila banyak pengguna di sekitar kita menggunakan jaringan 4G, otomatis jaringannya pun menjadi lemot, hal ini sering terjadi ketika menggunakan Wifi, berberda dengan jaringan 5G yang katanya tidak terpengaruh kecepatannya meski banyak penggunanya. Wah menarik sekali ya.

 

 

Untuk menggunakan jaringan 5G secara maksimal: Pastikan daerah tempat tinggalmu sudah tersedia jaringan 5G, gawaimu sudah menggunakan kartu SIM 4G yang diubah ke jaringan 5G dan tentu saja gunakan perangkat yang mendukung termasuk Vivo T1 5G ini.

Tampilan

Sebagai kaum wanita yang suka memperhatikan penampilan. Vivo t1 ini terlihat cute/lucu sekaligus elegan. Ada dua pilihan warna Rainbow Fantasy dan Starlight Black. Walau Rainbow Fantasy ini full color dan cukup rame, tapi enggak norak. Variasi tosca dan pink pastel itu cute banget sih. Beratnya yang hanya 187 gr juga enak untuk penggunaan yang lama, jadi tidak capek di tangan.

Baterai

Dengan baterai


standard 5000 mAh, cukup awet dan lumayan cepat ketika mengisi daya. Cocok digunakan berpergian jauh.

Game

Dengan menggunakan prossesor Snapdragon 778G, performa bermain gim di Vivo T1 5G cukup nyaman. Kecepatan layar stabil di 50 – 60 fps. Vivo T1 5G juga tidak cepat panas ditambah sistem pendingin atau liquid cooling. Jadi tidak perlu khawatir jika gawai kepanasan atau overheated.  

NFC

Vivo T1 5G ini juga dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication). Teknologi ini diakui lebih cepat dari pada bluetooth, infra red dan tanpa wifi. NFC memudahkan untuk bertransaksi seperti pembayaran, TOP e-wallet atau E-Toll, serta mengirim berbagai file ke perangkat lain, seperti gambar, video, aplikasi, dokumen atau musik. Ya intinya ini adalah vitur baru yang lebih efisien untuk masyarakat modern.

Memori Internal dan RAM

Vivo T1 5G ini memiliki dua variasi RAM yakni  8GB plus 4GB (up to 12 GB) dan 4GB plus 1GB (up to 5GB). Serta dua variasi penyimpanan memori 256GB dan 128GB dengan tambahan slot memori eksternal sampai 1TB. Tanpa tambahan memory eksternal, kapasitas memori internalnya sudah sangat cukup untuk dipakai sehari – hari tanpa khawatir memori penuh.

Ketika membeli Vivo T1 5G ini, kamu sudah mendapatkan Kabel USB Tipe-C, Pengisi Daya (charger)
SIM Ejektor
dan Case Pelindung. Jadi cukup lengkap dan enggak perlu ribet beli case lagi

Tempat Beli

Sejauh ini aku sudah berkali – kali membeli gawai smart phone atau bahkan smart TV di Tokopedia. Jadi di market place toko pedia ini kita bisa membandingkan harga setiap toko, pilih harga yang paling murah dengan tetap memperhatikan review/gratis ongkir/koin cashback. Nanti pencarian itu mempertemukan diriku dengan toko yang murah. Selisihnya bisa 100.000 – 300.000 rupiah. Lumayan banget kan.

Jika beli di market place juga ada garansi pengiriman barang. Selalu pastikan kondisi barang sebelum mengklik pesanan selesai. Semisal barang tidak terkirim atau tidak sesuai dengan deksripsi produk, kita bisa meminta toko untuk mengembalikan uang kita. Jadi cukup aman dari penipuan.

 

Refrensi

https://www.youtube.com/watch?v=G8y7uJie960

https://www.vivo.com/id/products/param/t15g

https://www.nperf.com/id/map/ID/

https://indonesiabaik.id/infografis/beda-jaringan-4g-dan-5g

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-6138503/5-cara-aktifkan-5g-di-smartphone-dengan-telkomsel

https://www.revu.com.ph/2022/07/vivo-t1-5g-gaming-review-price-specs/

 

 

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^