Fafavoice, catatan Fafa

Manfaat SEO untuk Blogger Pemula

Manfaat SEO on Page

 

SEO On Page Bagi Blogger Pemula

Hi voicers, tugas blogspedia 5 kali ini membahas  materinya yang cukup menantang, namun sangat penting. Intisari dan jantung blogger pemula seperti saya, yakni SEO atau yang akrab disebut dengan Search Engine Optimization. Di sini akan aku akan membahas manfaat SEO on page bagi pemula.

Secara singkat SEO ini membantu agar postingan dan tulisan kita dikenal dan berada di halaman awal google. Pasti blogger pemula seperti saya juga ingin kan suatu saat artikel yang kita tulis terdeteksi oleh google dan berada di halaman awal.

Bayangkan berapa banyak klik dan kebermanfaat dengan bermodal satu tulisan saja. Artikel yang ada dalam halaman pertama tulisan asli yang informatif dan menjawab pertanyaan pembaca. Artikel yang sedikit iklannya, namun besar manfaatnya.

Bukan artikel penuh adSense, sekadar klik bait, terkadang membuat kita menyesal telah mengklik link tersebut. Karena terlalu banyak iklan yang enggak – enggak hahaha dan hanya cenderung mengulang – ngulang keyword, habisin waktu ajah.

NO Shortcut

Nah tapi ternyata tidak semudah itu permisa oh. Intinya segala sesuatu yang berharga juga harus dikejar dengan usaha yang tidak kalah besarnya. Jangan sampai  kita tergiur dengan menggunakan ilmu hitam, eh maksudnya black hat SEO atau grey SEO.

Waah, meski bisa naik dan diklik dengan cepat, bisa-bisa bukan malah bagus blognya, malah kena banned oleh google, kan syedih juga, tulisan yang sudah kita perjuangkan. Tidak ada yang instan, semua butuh proses termasuk blog kita ini. Mari semangat untuk menumbuhkannya menjadi blog putih yang keren.

Maka marilah kita menjadi blogger yang baik dan menjadi white SEO. Yaa walapun tentu perjalanan ini masih panjang, dan kita mungkin baru menjajaki satu anak tangga ini. Gpp ya, pejuang blogger pemula kita belajar bersama. Intinya bener seperti kata coach Marita;

Kerja Keras dan Kerja Cerdas.

Mungkin materi SEO ini terlihat banyak di awal, banyak peraturan dan ketentuan yang membuat kita memutar otak. Aku yakin jika terus dibiasakan dan diupayakan, suatu saat kita akan terbiasa menulis dengan kaidah SEO yang baik dan benar. Setiap menulis, kita akan mampu menerapkan SEO dengan baik tanpa kesudahan lagi. Yuk berjuang di awal bersama – sama.

PDKT ke Kak Google

Pemilik google, sebut saja namanya kak G. Kak G adalah panitia sekaligus PJ untuk memilih tulisan yang tampil di halaman google. Tulisan seperti apa, konten, judul yang bagaimana yang akan terindex oleh google hanya kak G yang berhak.

So agar artikel kita dinotice oleh Kak G, tentunya kita harus tau preference atau tipe artikel kesukaan dan red flag kak G. Bayangkan ada puluhan bahkan ratusan juta yang ingin PDKT dengan kak G dan kita salah satunya. Untuk mengalahkan semua pesaing itu, kita gak boleh biasa-biasa aja kan? Harus totalitas, setidaknya berusaha agar tulisan dilirik dan dipilih.

Dan kunci yang paling utama ya SEO dong untuk meminang kak G, sepenting itu SEO untuk mendapatkan hatinya, eaa, maksudnya untuk terindex google.  

Seni adalah SEO

Seni tidak hanya ledakan seperti kata daidara. Seni adalah SEO. Karena SEO adalah suatu karya seni, maka setiap penciptanya memiliki cara yang unik dalam mengekspresikan SEO. Jadi setiap coach akan memiliki teknik yang berbeda, dan itu tidak menjadi masalah.

Gunakan teknik SEO yang senyamanmu saja. Mau mengikuti coach A, coach B atau Z bukan masalah, karena semua karya seni memiliki teknik, kekuatan dan keindahan yang berbeda. Dalam menerapkan teknik SEO yang baik dan benar, kuringkas menjadi tiga poin saja. Nantinya blogger pemula mampu memahaminya lebih cepat dan baik.

Key word

Kata kunci adalah modal utama sebelum memulai menulis blog. Blogger pemula bisa mulai menentukan target tema yang akan ditulis, lalu menggabungkan tema tersebut dengan kata kunci anjuran dari google. Lebih spesifik, tentu akan lebih baik, carilah kata kunci dengan jumlah paling sedikit. Agar saingan untuk menembus halaman pertama menjadi lebih mudah.

SEO Blogger Pemula
Search Result Key word SEO Blogger Pemula
Di sini saya menggunakan key word, SEO blogger pemula, karena hanya 967.000 artikel dan saya gabungkan dengan kata kunci turunan Manfaat SEO on Page dengan jumlah pencarian 4,090,000.


 

Key word ini ibarat benih yang harus disebar di manapun, di meta deskripsi, judul, gambar, salah satu heading, paragraf pertama dan terakhir. Namun kita tidak perlu menebalkan/memiringkan kata kunci. Mesin google semakin pintar.

Coach Marita juga menyarankan untuk menginstall whatsmyserp agar lebih optimal dalam menentukan key word utama, turunan dan kata kunci yang bisa dimonetasi.

 

whatsmyserp


 

Konten is The King

Aku pernah memukan suatu artikel yang isinya hanya mengulang- ngulang keyword berkali-kali. Memang itu cukup efektif untuk membuat google mendeteksi halaman tersebut. Tapi itu akan jauh sekali dari tujuan kita menulis dan membuat blog bukan? Kita menulis agar memberikan manfaat, informasi atau hiburan kepada pembaca.

Konten atau tulisan yang bermanfaat akan menemukan pembacanya. Menggunakan heading dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan pembaca kita. Disertai foto pendukung, paragraf yang optimal, tidak terlalu panjang, menggunakan kalimat aktif yang asyik dibaca. Dan harus disertai dengan konsisten menulis artikel setiap bulannya ya, agar google semakin mengenal kita.

Sharing is Caring

Dengan membagikan tulisan di media sosial artinya kita peduli dengan tulisan kita. Setiap karya berhak menemukan pembacanya. Dengan membagikan tulisan ke media sosial, kita telah menunaikan kewajiban dasar dalam menulis, mempertemukan mereka dengan pembacanya.

Jadi jangan malu dan merasa berat, anggaplah kau melepaskan tulisanmu, anak – anakmu agar semakin dewasa dan berkembang. Jangan lupa untuk sharing tulisanmu ya voicers.

Begitulah sebagian kecil ilmu belajar SEO on page bagi pemula dari coach Marita. Alhamdulillah semoga artikel ini bermanfaat bagi teman –teman ya

 

2 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. Semangat mbak kasih udah share tentang ini ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama quotes nya kak fafa, setiap karya berhak menemukan pembacanya :)

    ReplyDelete