Fafavoice, catatan Fafa

Google Search Console Blogger

google search console


Hii vois setelah kita berpucing-pucing dengan google analytic. Eh vois harus dihadapkan dengan namanya google search console. Oke, makanan macam mana lagi itu? Baru aja bernafas dengan sedikit tenang, sudah ada tugas lagi. Materi kali ini tentunya bermanfaat, yakni Google Search Console Blogger.

Benar kata coach Ugi, materi ini ternyata jauh lebih mudah dari pada materi google analytic kemaren. Jadi setelah puyeng setidaknya sudah bisa bernafas sedikit lega, atau belum ya? Masih ada satu materi lagi di akhir.

Namun pastinya vois ingin lebih advanced dalam belajar blogger kan? Cepat menyelesaikan segala tugas yang telah diberikan dan memahami keseluruhan materi. Kemudian vois bisa mengaplikasikan semua ilmu dengan baik dan benar. Vois menjadi blogger mandiri dan bermanfaat bagi nusa bangsa, berdikari, dan tentu saja bisa bergabung di keluarga besar blogspedia coaching. Sebuah kemenangan yang tak terkira rasanya.

Jadi yuk Fa, kita selesaikan materi blogspedia ini dengan baik, seperti halnya kita memulai semua ini dengan baik juga. Mengikuti kelas blogspedia membawaku pada mimpi-mimpi baru dengan berbagai manfaatnya yang tak bisa diukur begitu saja dengan materi.

Satu, kini mimpiku tidak hanya menjadi mimpi. Aku telah memulai, berproses dan berusaha memupuknya dengan baik. Dua keluarga baru dengan visi dan misi yang sama yakni menulis blog. Ikatan kuat yang siap membantu dan saling tolong menolong. Terakhir, kemampuan mengetikku meningkat dengan begitu pesat, sekarang aku pun bisa  mengetik semakin cepat, dan juga kemampuan meregenerasi ide yang juga lebih cepat dari pada yang lainnya. Bisa dibilang the power of deadline, karena kepepet karena mendekati deadline, mau tak mau yang harus mengumpulkan tugas kan ya. He-he-he.

Google Search Console Blogger

Google search console adalah salah satu tools gratis yang bisa digunakan oleh blogger untuk membantu menganalisa performa blog nya. Selain pemasangannya yang terbilang mudah, google search console juga memiliki segudang manfaat.

Manfaat Google Search Console

Manfaat utama dari Google search console bagi seorang blogger adalah untuk mengindex halaman agar mudah dikenali oleh google. Nah, kan netizen suka mencari sesuatu informasi lewat google chrome sebagai mesin pencari utama. Tentu untuk bisa masuk di halaman-halaman utama google tentunya harus terbaca dulu di google.  Itulah funsi Google search console  agar artikel terindex atau dikenali oleh google.

Selain itu Google search console juga mampu mendeteksi letak kesalahan dalam artikel yang belum terindex. Tidak semua artikel sempurna, seperti halnya manusia, jadi wajar ada beberapa artikel yang tidak terindex oleh google. Vois pun bisa memperbaiki post blog ataupun artikel yang belum terindex agar bisa terindex oleh Google search console.

Fungsi lain dari Google search console juga sama dengan google analytic yaitu mampu melihat performa blog kita. So, jadi segudang manfaat tersebut langsung saja yuk kita intip bagaimana cara memasang Google search console

Cara Memasang Google Search Console


Meskipun sudah kusebutkan di awal cara memasang google search console ini jauh lebih mudah dari pada google analytic, tapi tentu tidak boleh meremehkan pemasangannya. Yang penting vois mengikuti tutorial berikut yaa dari coach Marita dan coach Ugi






Keduanya memiliki step dan langkah-langkah yang sama, yang membedakan coach Marita menjelaskan satu per satu dengan detail, sedangkan coach Ugi langsung to the point. Jadi tergantung bagaimana cara dan proses vois belajar.
Google search console ini sudah terkoneksi dengan akun google kita, jadi tidak perlu membuat akun baru seperti akun-akun sebelumnya.

Add property:

  • Langsung aja buka https://search.google.com/search-console?
  • lalu add property
  • Pilih Add URL prefix (yang sebelah kanan tangan kita)
Kenapa memilih login pakai URL prefix, bukan domain? Veirvikasi dengan menggunakan URL Prefix itu lebih banyak cara, sedangkan dengan domain hanya ada satu cara. Tapi vois bisa menggunakan kedua cara ini dalam satu akun, jadi tidak masalah mau menggunakan cara yang manapun. 

URL prefix: gunakan alamat blog lengkap, seperti : https://www.fafavoice.com
domain: fafavoice.com

Verivikasi URL

aku menggunakan cara yang yang URL prefix, dan aku bisa langsung coba verivikasi dengan tiga cara sekaligus biar si google ini semakin yakin bahwa blog ini adalah propertiku.

  • Klik Setting
  • Owner Verivication

Ada empat pilihan verivication:
Domain name provider otomatis terverivikasi oleh system. Selanjutkan karena sebelumnya kita sudah membuat google analytic dan google tag manajer, maka aku mendahulukan kedua cara tersebut. Langsung klik verivikasi, tunggu sebentar dan langsung tersambung deh secara otomatis.

Untuk yang html tag, kita perlu copy paste kode yang ada dan disitu dan dipaste di HTML blog kita. Karena tentu kebanyakan teman-teman menggunakan fiksioner, jadi tentunya lebih mudah.
tinggal ctrl+f : google-site-verivication. 
Masukkan kodenya saja (jangan semua) diantara tanda petik. Sudah jadi deh.

Add Sitemaps

Yey karena sudah terverivikasi, lanjut menambahkan site map. Ini pun juga mudah.
  • di bagian sitemaps
  • add new sitemaps
Dalam menambahkan sitemaps, boleh menggunakan yang domain atau URL. Sebenarnya hanya ada perbedakan yang sedikit, bisa dicek di gambar berikut. Semisal yang URL sudah diisi yang domain juga akan otomatis terisi, begitu juga sebaliknya. Jadi suka-suka temen-temen mau make yang mana.

versi domain:
SitemapTypeSubmittedLast readStatusDiscovered pagesDiscovered videos
https://www.fafavoice.com/feeds/posts/defaultAtomNov 4, 2023Nov 4, 2023Success260
https://www.fafavoice.com/sitemap-pages.xmlSitemapNov 4, 2023Nov 4, 2023Success20
https://www.fafavoice.com/sitemap.xml

versi URL

Submitted sitemaps

SitemapTypeSubmittedLast readStatusDiscovered pagesDiscovered videos
/feeds/posts/defaultAtomNov 4, 2023Nov 4, 2023Success260
/sitemap-pages.xmlSitemapNov 4, 2023Nov 4, 2023Success20
/sitemap.xmlSitemapNov 4, 2023Nov 4, 2023Success730
R

Oiya jangan lupa ditunggu 24 jam juga ya, sampai Google Search Console bener-bener bisa jalan, sabar aja, karena punyaku juga belum jalan wkwkwk.

Okee deh sekian adalah sedikit ilmu untuk mengenal Google Search Console Blogger, karena fungsinya sangat bagus yaitu mengindex artikel kita maka yuk pasang Google Search Console apalagi bagi blogger pemula seperti saya. 

2 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. Kalau sudah deadline, andrenalin terpacu malah lebih fokus dan gesit ya, Mbak 😁 Alhamdulillah sudah terlewati tugasnya. Tinggal optimalisasi penggunaan GSC ya...

    ReplyDelete