Fafavoice, catatan Fafa

Cara Mengirim Artikel ke Google News

cara mengirim artikel ke google news
Google News adalah suatu layanan dari Google yang fokus dalam memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tampilan google news ini menarik. Berita disesuikan dengan prefensi dan tidak perlu login untuk bisa mengakses google news. Tahukah vois ternyata blogger pun bisa mengirim artikelnya ke google news. Bagaimana caranya ya?

Pernahkah vois membayangkan jika googlenews mampu membantu blogger dalam? Ya dengan membuat akun di google news. Dengan membuat akun di googlenews, postingan dan tulisan vois akan lebih cepat terindex di google, otomastis lebih cepat masuk ke halaman google. Secara otomatis juga, artikel blog jarang eror di google search console. Jadi lebih praktis dan otomatis untuk artikel cepat terindex. Tidak hanya mengetahui cara mengirim artikel ke google news, tapi artikel dalam blog vois akan otomatis terindex tanpa perlu repot mengirim lagi. 

Manfaat googlenews

Selain google news membuat artikel mudah terindex tanpa ada kesalahan dan eror. Dengan menggunakan google news, blogger pemula akan banyak menjangkau pembaca lebih banyak dan tidak terduga sebelumnya. Menarik sekali bukan?!

Sebelum Mendaftar Google news

Untuk bisa terdaftar ke google, aku sangat menyarankan vois untuk menyelesaikan tahan-tahap sebelumnya terlebih dahulu. Yakni akun blognya sudah terdaftar di google analytic, google search console dan google tag manager, karena akan ada salah satu tahap yang membutuhkan sitemap di google tag manager. Jadi jika vois belum memulai tahap sebelumnya, yuk segera diselesaikan ya.

Cara  Mengirim Artikel ke Google News

Lebih tepatnya cara mendaftarkan url blog ke google news agar artikel blog otomatis masuk ke google news.

1. Sipakan logo favicon

Siapkan logo yang sama dengan akun blogs kita. Untuk logo ini pastinya vois pernah buat di awal-awal kelas. Aku pun juga membuatnya dicanva. Googlenews ini minta logo dengan ukuran yang akurat tidak boleh kurang atau lebih. Yakni 512 dan 200 pixel.
Gampangnya langsung ke canva, download logo yang dulu pernah di buat dalam bentuk png 
Nah png ini kan sekitar 1080x1080. Langsung ke link untuk mengganti ukurannya langsung ke link berikut https://www.iloveimg.com/id/ubah-ukuran-gambar/ubah-ukuran-png#resize-options,pixels
Iloveimg atau ilovepdf ini andalanku sih, cepet dan mudah. Upload, ubah ukuran dan download. Selesai  

2. Membuat akun di google publisher 

Mendaftar di akun google publisher

Masuk dan membuat account di google publisher dengan klik link berikut:
https://publishercenter.google.com/?publication=CAowu7KmDA

(seperti kata coach Marita email yang digunakan untuk mendaftar google publisher/google news harus sama dengan akun yang digunakan untuk mendaftar agar mudah terverikasi atau direview) Langsung ikuti langkah ada seperti yang ada di video coach marita. Menurutku juga lebih mudah mengikuti step demi step di video.

Masukkan link blog ke halaman awal, klik add
Ketik nama akun yang ingin kita pakai
Ganti lokasi negara
Centak kotak boxes, lalu klik add publication

Di halaman publisher center

Klik open
General
Pilih kategori sesuai dengan niche blog/ genre terbanyak tulisan di blog (traveling/lifestyle/etc)
Untuk distributin ada yang spesifik mencantumkan nama-nama negara seperti malaysia atau indonesia, karena kita kan pakai bahasa Indonesia. Tapi klo mau world wide juga gpp

Content settings

New section
Pilih Add feed
Pilih namanya (bebas pakai nama blog juga gpp)
Masukan RSS atau atom feed url dengan: link dari google search console, atau pakai link ini aja https://www.fafavoice.com/feeds/posts/default.
Ganti fafavoice dengan link masing-masing
Kik Next

Jangan lupa untuk klik save biru di pojok kanan atas. 

Dalam kolom Review and publish, refres terus,
Biasanya butuh memasukkan gambar favicon atau kontak yang bisa dihubungi. Pokoknya lihat kendala apa yang perlu diselesaikan atau info apa yang perlu disi
(jangan lupa direfresh terus) sampai tidak ada masalah dan bisa dipublish,

Tidak perlu measurement.id atau tracking id

Tutorial yang ada di google classroom, video toutube ataupun beberapa blog lainnya, selalu menyertakan tracking.id atau measurement id yang bisa kita cek di google analytic. Karena perkembangan dunia semakin canggih, maka untuk kali enggak pelu pake id, langsung otomatis tertaut dengan berbagai akun google lainnya.


googlenews google news

3. Sabar Menunggu

Review website dari googlenews itu bener2 take time banget, aku enggak tau kenapa.. temen2 blogspedia coaching lainnya ada yang lebih cepet setelah 24 jam langsung bisa. Sedangkan aku sudah dua hari ini belum ada kabar baik sama sekali. Sedangkan google tag manajer dan analitic sudah berhasil direview setelah 24 jam menunggu. Sedikit menyebalkan rasanya, karena seolah-olah kita gagal atau enggak berhasil. Coach mengencourage untuk sabar menunggu. Aku baca di salah satu situs web, bahkan ada membutuhkan waktu lebih dari tiga minggu. Omggg, ya intinya mari sabar menunggu semoga segera direview. semangat

Btw ini tugas terakhir banget pake banget enggak tuh! Tiga tugas bonus dari blogspeadia ini sangat membantu menunjang, menganalisa dan membuat tema tulisan berikutnya. Ribuan materi yang bermanfaat terutama bagi blogger pemula, alhamdulillah yaa temen-temen blogspeadia coaching mampu menyelesaikan semua tahap sampai akhir.

Ya ini semua baru permulaan, awal sebagai blogger pemula. Aku sendiri banyak PR yang harus direview ulang berkali – kali, semoga nanti sempat. Harus disempatkan sih, setelah semua badai tugas ini berlalu. Dan ternyata barusan baca grup ada tugas tambahan ke 4 hahaha. Semangat dan siap temen-temen semuaa. Waktu 24 jam itu sebenarnya lebih dari cukup mengerjakan suatu kewajiban namun tanpa kita sadari sekalipun, sebenarnya kita memiliki prioritas lainnya yang seolah harus didahulukan dari pada yang lainnya. Fokus pada tugas yang paling penting ya vois. Terima kasih sudah membaca cara mengirim artikel ke goolgle news :)


3 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. Iya bikin galau memang nunggu kabar dari google news itu. Semoga segera dapat kabar baik ya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. nunggu review-nya memang bikin sabar kak hehehe

    ReplyDelete