Fafavoice, catatan Fafa

Cara Menjadi Blogger Pemula, Blogspedia Coaching Kelas Ngebog Gratis sampai Ahli

Cara Menjadi Blogger Pemula

Bingung bagaimana cara menjadi blogger pemula yang benar? Samaa aku juga bingung dan telah melalui perjalanan yang Panjang untuk menjadi blogger pemula. Bahkan hanya untuk jadi pemula bisa sepanjang ini ya hahaha. Blogspedia coaching adalah jawaban dari doa yang selama ini kupanjatkan, kelas ngeblog gratis selama tiga bulan.

Keinginan Menjadi Blogger

Awal berkenalan dengan blogger pada tahun 2015 mungkin ya, Ketika masih awal menginjakkan kaki di bangku kuliah. Sebagai seorang yang suka menulis, blogger bukanlah kata yang asing, aku pun membuat blogger lewat platform blogspot. Menulis sesukaku, tentang pelajaran, sastra ataupun komunitas yang aku ikuti, frekuensi posting di blogspedia pun tidak menentu bisa saja sebulan dua kali, atau bahkan hanya satu tahun sekali.

Setelah bergabung dengan organisasi Forum Lingkar Pena, ad akelas blog untuk pemula, tapi ya hanya sehari saja, Ketika mencoba mempraktekan pun, aku sempat kebingungan karena hanya sedikit yang kupelajari, lalu masuk html blog. Rasanya semakin ingin menyerah.

Mimpi ini pun kupendam lama sekali, sambal tetap menulis di organisasi dan kolom citizen reporter di Surya. Sampai suatu hari salah satu anggota FLP Surabaya Hamim Eha berhasil menjadi blogger dan sharing berbagai tulisan seputar blogger. Sempat berdiskusi dan aku pun disarankan untuk ikut kelas blogspedia coaching oleh coach Marita Ningtyas.

Cara Menjadi Blogger Pemula lewat Blogspedia 

Keinginan berbagi ilmu blog oleh coach Marita telah melahirkan system kelas menulis blogs, yang disebut Blogspedia. Blogspedia selalu mengadakan coaching setiap tahunnya. Kelas tahun ini sudah memasuki seri ke empat. Kelas berlangsung selama selama tiga bulan penuh yang dipandu oleh senior blogger di blogspedia. 
Blogspedia Coaching


Percobaan Ketiga

Untuk bisa menjadi anggota peserta haruslah blogger pemula dan belum pernah belajar blogger sama sekali. Jadi para suhu tidak boleh ngaku-ngaku amatir ya! Katanya karena kelasnya yang amat menarik banyak suhu yang mencoba daftar dan tentu saja ditolah lah. 

Ada dua cara untuk bisa mengikuti kelas Blogspedia, bisa mengikuti tantangan untuk mendapatkan golden tiket atau mendaftar lewat jalur biasa dengan seleksi.
 
Pertama kali mencoba untuk mendapatkan golden tiket pada tahun 2022, tantangan menulis selama empat hari. Namun karena waktu itu bertepatan dengan kelas bahasa maka dengan sangat terpaksa, aku pun mengiklaskan untuk tidak mengikuti Blogspedia. Karena kelas bahasa ini diadakan dari pagi sampai sore dan cukup menyita waktu dan energi. Aku hanya sempat posting satu hari.
Tahun berikutnya aku pun mencoba lagi untuk mengikuti kelas Blogspedia. Setelah 15 hari menulis, setiap hari, aku berhasil menyelesaikannya dengan ngos-ngosan dan penuh tekanan (karena au typical deadliner hahaha) namun aku sangat senang walaupun tidak mendapatkan goleden tiket setidaknya selesai tepat waktu dan mendapatkan hadiah voucher buku dari kak Wida dan menjadi Buku Dunia Shopie. yey happy

Tidak kekurangan banyak cara, aku pun rajin untuk check postingan instagram Blogspedia menunggu pendaftaran dibuka. Setelah beberapa minggu, link postingan dibuka, aku daftar ya paling pertama, hahaha. Namanya juga ikhtiyar, apa salahnya mencoba sampai akhir?

Golden Tiket

Ternyata tidak semua pemilik golden tiket bisa mengikuti blogspedia. Para suhu hanya ingin mengikuti tantangan saja, maka aku beranikan diri untuk chat beberapa pemilik golden tiket. Kak Desy Noviany adalah yang menjawab japriku dan dengan senang hati memberikan golden tiketnya kepadaku. 
Meski salah satu teman berpendapat tidak pelu menggunakan golden tiket pun juga bisa. Kenapa tidak membuat dan mengamankan posisi? Aku juga sangat bersyukur untuk kebaikan hatinya.

Sistem Blogspedia

Blogspedia menggunakan sistem materi, diskusi dan posting tugas di blog. Pertama peserta akan diberikan materi lengkap di google class room setiap hari senin dan hari kamis. Materi di google classroom dilengkapi dengan tautan, pdf, dan link youtube. Peserta pun membaca materi dengan baik, bila ada pertanyaan bisa langdung ditulis di kolom komentar, atau diskusi berlanjut di whatsapp group chat. 

Peserta Blogspedia diminta untuk membuat tulisan sesuai dengan tugas yang diminta sebanyak 800 kata dan menyertakan minimal tiga gambar, jarak tugas dua hari setelah materi diberikan, artinya jika mendapatkan materi pada hari Senin maka tenggat tugas pada hari Rabu. Begitu jika materi pada hari Kami, tugas harus diselesaikan pada hari Sabtu.
Cara Menjadi Blogger Pemula

Hal Menarik dari Kelas Blogspedia

Materi yang sistematis

Aku bener-bener kagum dengan coach Marita dan para suhu yang telah membuat silabi Blogspedia coaching dengan begitu kerennya. Keren banget, mantuls, makasiiih coach kesayangan. 

Materi yang dimulai dari perkenalan, niche, logo, banner blog, template blog, 
SEO, sampai cara memenangkan lomba dan cara untuk mendapatkan job dari blogger. Materi disusun dengan sangat baik, satu persatu, ditambah tugas untuk lebih memahami materi.

Coaching Suhu yang baik

Coaching suhu di blogspedia sangat telaten, baik bahkan sering sekali menyemangati. Menjawab pertanyaan kami sampai paham, sampai mengerti, sampai bisa mengaplikasikan semuanya dengan baik.

Bahkan seringnya aku hanya diam saja, tidak terlalu banyak bertanya. Jujur waktu diskusi adalah waktuku berkerja di malam hari, jadi tidak terlalu bisa menyimak diskusi dengan baik. Namun membaca ulang hasil diskusi di grup wa juga amat sangat membantu dan tertolong bila menghadapi masalah serupa seperti teman-teman yang lainnya.

Temen-temen yang Supportive

Senang sekali rasanya ketika hasil tulisan yang tidak seberapa ini dibaca oleh teman-teman dan bahkan meninggalkan jejak pertanyaan. Hati ini rasanya berbungah-bungah dan bersyukur sekali kepada Allah telah menempatkan saya di lingkungan yang baik ini. Begitulah kisahku cara menjadi Blogger pemula lewat kelas Blogspedia Coaching.


1 comment

Terima kasih sudah membaca ^^