Fafavoice, catatan Fafa

Bersama FLP, Berbahasa Indonesia Pemersatu Bangsa

Berbahasa Indonesia Forum Lingkar Pena


Sebagai seorang yang menyukai dunia literasi, buku dan kepenulisan, ikut aktif berpartisipasi dalam geliat dunia literasi di Indonesia adalah hal yang paling aku sukai. Forum Lingkar Pena (FLP), salah satu oragnisasi kepenulisan yang aku ikuti di Surabaya yang membuatku semakin bangga berbahasa Indonesia. Untuk merayakan bulan Bahasa 2023, FLP Jatim pun mengadakan lomba blog dan fiksi mini

FLP pusat, FLP Jatim, beserta seluruh cabang FLP lainnya selalu mengadakan berbagai macam event yang berkaitan dengan literasi. Lomba, webinar, seminar, festival, bedah buku acara-acara ini pun terbuka untuk umum. Jadi siapapun kamu, bisa mengikuti kegiatan FLP.

Event yang paling aku ingat adalah Webinar Bulan Bahasa FLP Jatim bersama Uda Ivan Lanin, seorang pakar internet sekaligus Bahasa Indonesia.  Mendengar Uda menyampaikan informasi menggunakan Bahasa Indonesia yang bagus dan formal, ternyata bisa semenarik dan seindah itu. Membuatku semakin percaya diri dan bangga berbahasa Indonesia.

Berbahasa Indonesia Bersama FLP

Rumah Menulis

Bukan sekadar organisasi, bagiku FLP adalah sebuah rumah tempatku untuk belajar bersama anggota FLP lainnya. Sesama anggota FLP sudah seperti keluarga sendiri, saling membantu tolong menolong dalam hal kebaikan.

Anggota forum lingkar pena aktif mengadakan berbagai kajian yang bersifat internal maupun eksternal tentang penulisan puisi, cerpen, artikel, essay bahkan novel. FLP juga aktif mengadakan acara bedah buku, bedah karya, kajian keislaman, seminar, webinar, perpustakaan keliling dan lain sebagainya. 

Proses Membenahi Bahasa

Dalam sebuah proses pembelajaran, tidak ada yang instan dan cepat. Semua dimulai dari ketidak sempurnaan dan kekurangan. Proses belajar berbahasa dan menulis pun juga demikian. Pada saat pertama kali menulis dan membedah karya sendiri di depat teman-teman FLP Surabaya wajar sekali bila banyak kesalahan.

Kesalahan berupa penggunaan tanda baca, ejaan dan kosa kata yang kurang tepat, berkali-kali dan terulang. Malu. Muncul perasaan malu, tidak percaya diri dan pastinya semangat untuk memperbaiki tulisan ke depannya. 

Proses pembelajaran itu menjadi menyenangkan. Semua anggota terbuka untuk berdiskusi, menggunakan bahasa penyampaian yang baik hingga anggota lain pun ikut belajar dan lebih berhati-hati dalam menyusun sebuah kalimat. Akhirnya rajin membuka pendoman ejaan Bahasa Indonesia dan KBBI. 

Menghasilkan karya dan tulisan

Tidak hanya proses belajar Bahasa. Proses untuk berkarya, menuangkan konsep Bahasa dalam susunan kata yang baik dan indah. Buku-buku antologi terlahir dari hasil kerja keras dan proses kepenulisan di FLP, akan menjadi bagian dari sebuah pembelajaran dan kenang-kenagan yang tidak akan lekang oleh waktu.

Berbahasa Indonesia dengan baik

Pengaruh berbahasa Indonesia selain pada tulisan formal, juga pastinya akan mempengaruhi tulisan di media sosial, cara berucap dan bertutur kata. Dengan rajin menggunakan Bahasa Indonesia yang baik ucapan dan tulisan pun lebih terstruktur dan mudah dipahami. Menggunakan Bahasa gaul pun boleh-boleh saja, karena Bahasa Gaul juga bagian dari Bahasa Indonesia.

Bahasa apapun itu termasuk Bahasa Indonesia bersifat flesxibilitas artinya Bahasa itu berkembang sesuai dengan pola perkembangan jaman. Akan terlahir Bahasa-bahasa gaul yang dipakai kaum milenial, Bahasa unik dari media sosial. 
berbahasa Indonesia FLP


Keunikan Bahasa Indonesia

Sebagai penutur asli Bahasa Indonesia, sadarkah betapa Bahasa Indonesia sangat unik dan menarik? Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan, juga bahasa yang terdiri dari berbagai budaya yang berbeda, terserap menjadi Bahasa Indonesia.

Bahasa Persatuan

Meskipun bangsa ini terlahir dan berbagai macam suku, logat, dan bahasa daerah yang berbeda. Namun semua generasi mengakui dan menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional.
"Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”
Sumpah Pemuda
Beberapa negara bahkan sempat mengalami perpecahan karena perbedaan pendapat akan bahasa nasional seperti Belgium dan Yugoslavia. Bersyukur bagi bangsa Indonesia yang menyetujui Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan tanpa ada perbedaan pendapat.

Bahasa Indonesia juga Bahasa yang sangat mudah dipahami, dan dipelajari. Tidak ada gender atau bentuk jamak, juga tidak ada perubahan kata seperti pada Bahasa Arab, Jerman, Peranciss. Tidak pula ada perbedaan waktu dalam membentuk sebuah kalimat seperti Bahasa Inggris. Mempelajari Bahasa Indonesia menjadi menyenangkan karena mudah dipelajari

Bahasa Multikultural

Bahasa Indonesia memang berasal dari Bahasa Melayu, namun bahasa Indonesia merupakan proses asimilasi penyerapan dari berbagai bahasa Asing.

Masyarakat yang berasal dari Bahasa Arab (syaraka)
Sosial berasal dari Bahasa Inggris (social)
Negara berasal dari Bahasa Sansekerta (nagara)
Arak-arak yang artinya mengiringi merupakan penyerapan dari Bahasa Jawa

Banyak kosa kata Bahasa Indonesia lainnya yang merupakan hasil penyerapan dari bahasa-bahasa lain, justru memperkaya kosa kata yang ada pada bahasa Indonesia, menegaskan penggunaan Bahasa Indonesia yang fleksibel dan kaya budaya. 

Bahasa Indonesia juga cukup populer, menjadi bahasa kedua Vietnam dan populer ke 4 di Negara Kangguru. Berdasarkan laporan dari Kemenlu RI, Bahasa Indonesia bahkan resmi diajarkan sebagai program mata pelajaran universitas di 52 negara, seperti Inggris, Asutralia, US.

Sayang sekali tidak ada tes resmi Bahasa Indonesia atau tingkatan pembelajaran dalam Bahasa Indonesia yang resmi dan diakui tingkat nasional/internasional seperti TOEFL atau IELTS. Semoga nantinya ada, sehingga warga mancanegara pun lebih mudah mempelajari bahasa Indonesia.

Bangga Berbahasa Indonesia dengan FLP

Forum Lingkar Pena terus berusaha melestarikan Bahasa Indonesia agar tidak tergerus masuknya bahasa asing yang semakin sering digunakan generasi milenial. Bahasa Indonesia adalah identitas, ciri Negara Indonesia yang membuat bangsa unik dan dikenal oleh bangsa lain.

Jangan lupa untuk mengikuti acara menarik Forum Lingkar Pena dalam bulan bahasa 2023. dan nantikan acara-acara berikutnya ya. Pantau terus kegitan FLP dan FLP Jatim.

Bulan Bahasa 2023 Forum Lingkar Pena



1 comment

Terima kasih sudah membaca ^^