Fafavoice, catatan Fafa

Canva App, Solusi Semua Desain



Canva App, Solusi Semua Desain

Hari ini siapa sih yang tidak mengenal canva, mungkin hampir semua desainer di dunia menggunakan canva app untuk segala kebutuhan, karena sepraktis dan semudah itu penggunaan canva baik bagi pro ataupun beginner

Awal mengenal Canva

Sebagai pengguna corel dan adobe, terbiasa dengan cara manual. Canva menjadi hal yang baru dan tentu ada rasa yang tidak biasa. Sesuai yang baru dengan berbagai tools yang tentu sangat berbeda dengan aplikasi desain dulu. Awal menngunakan canva, desain pertama pada tanggal silam

Kagok dan bingung itu kesan pertama saya menggunakan canva dan tentu hanya asal menggunakan, memilih, mengambil desain sesuai tema yang diinginkan lalu mengubah seperlunya saja. Dengan desain yang hampir mirip antara template awal, hanya mengubah konten dan foto, sudah mendapatkan desain yang estetik dan ciamik

Fitur canva yang mobile friendly

Menciptakan satu desain cukup dengan bermodalkan gawai pintar, tanpa perlu susah payah membuka laptop dan menjalankan aplikasi tertentu. Karena canva yang sifatnya aplikasi online, akun canva laptop dan gawai pintar akan langsung terkoneksi. Jadi tidak perlu bingung memindah data. Langsung saja download dengan canva.

Aplikasi desain lain membutuhkan waktu lama untuk memulainya, Canva lebih cepat.
Aplikasi seperti corel draw dan adobe sering error di tengah mengedit file berkapasitas besar. Ketika asyik membuat desain dan lupa save desain yang sudah dikerjakan bersusah payah hilang

Bisa menghubungkan satu akun dari banya gawai

Jika sudah menyelesaikan satu desain di gawai kita tidak perlu memindahnya di laptop, begitu juga sebaliknya. Akun canva yang bisa dibuka di berbagai device sangat memudahkan pengguna, bahkan satu akun bisa berbagi bersama dalam sebuah team. Setiap anggota team bisa mengubah desain.


Berbagai bentuk

Hasil desain bisa menjadi bentuk apapun yang kita inginkan, bisa didownload menjadi beberapa tipe file yang berbeda, menjadi pdf, ppt, jpeg, png dan video. Tergantung kebutuhan kita dan semua itu free, kecuali jika kita ingin mengubahnya menjadi file berkapasitas besar, membutuhkan akun canva yang premium.


Estetik, Simple No Drama


Tidak dimulai dari nol ya
Konsep canva, yang membuka peluang bagi contributor seluas-luasnya. Pilihan gaya dan desain canva pun jadi beragam dan menarik. Setiap desainer bisa mendapatkan fee dan mendaftarkan hasil karyanya atas nama dirinya. Banyak desain gratis yang mudah diakses di canva.


Pengkatagorian Desain
Sosial Media
Ukuran desain juga sudah disesuaikan dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan kita, pengkategorian dalam canva terbagi menjadi warna, tema, fungsi media social.


Kita bisa mengkategorikan sesuai dengan warna yang kita inginkan, tema tertentu seperti Pendidikan, sekolah, buku dan juga berbagai bentuk media social, feed ig, story dan youtube. Bahkan untuk presentasi dalam bentuk ppt yang estetik pun bisa.


Infografis

Menggunakan canva sebagai infografis dengan memanfaatkan desain inforgrafis yang sudah ada di canva. Desain infografis canva sangat banyak macamnya, formatif, desain warna kontras menarik dan mudah untuk diedit. Perpaduan warna yang menarik antara setiap elemen dan unsur, pembaca pun tidak bosan dan lebih semangat memahami tulisan kita.

Jangan meremehkan infografis karena infografis punya segudang manfaat yang bisa kita gunakan dengan baik untuk segala keperluan, terlebih sebagai seorang blogger, yang memberikan informasi kepada pembaca melalui tulisan membutuhkan dukungan gambar yang memanjakan mata sekaligus memberikan informasi tambahan kepada pembaca.

Mengedukasi Pembaca
Pembaca tentu akan lebih mudah memahami sesuatu secara visual, salah satunya dengan infografis. Infografis yang sederhana, gambar menarik membuat pembaca akan semakin semangat menuntaskan blog dan betah berlama-lama di blog kita.

Fitur Canva

Untuk membuat hasil desain semakin maksimal dan ciamik sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ada baiknya untuk menjelajah dan memahami semua vitur canva lainnya. Seperti elemen termasuk grafis, sticker , bentuk, bagan, table, bingkai foto dan video.

Berikut adalah tips dari suhu canva kita, bunda hamim dalam optimalisasi penggunaan infografis canva dalam mendukung dan membuat hasil desain infografis canva lebih cantik dan menawan. Klik di sini ya

Beberapa desain canva hasil buatan saya pribadi



Gambar yang pertama adalah sposter tentang puthuk panggang welut yang saya buat setelah menyelesaikan rekreasi menulis FLP Surabaya pada tahun 2020. Di wisata Puthuk Panggang Welut cukup menarik dan menyenangkan

Maka dari itu saya ingin banyak orang datang dan menikmati suasana hutan pinus Puthuk Panggang Welut. Dalam poster terdapat foto, judul dan kegiatan yang kita lakukan bersama di sana.

Selanjutnya adalah rangkaian infografis seperti total biaya yag dikeluarkan/ daftar harga yang pengunjung perlu ketahui seperti harga tiket parkir, biaya berkemah semalam, kayu bakar, tenda dan tiket masuk.


Selanjutnya adalah saran berkemah, karena saya sudah memiliki pengalaman berkemah dan mengkordinir beberapa orang dan merasakan bagaimana perjuangan itu, maka saya juga memiliki saran bagi temen-temen lain yang hendak berkemah di Hutan Pinus Puthuk Panggang Welut. Yang saya tulis di bawah ini


Semua infografis di atas menggunakan kata kunci hutan, dan temanya sangat sesuai dengan konten yang saya tulis, eyecatching dan tentu tidak membuat pembaca merasa bosan. 

Selain itu canva juga bisa digunakan dalam membuat flayer suatu acara seperti contoh dibawah ini. saya membuat flayer untuk acara partner.ind mentoring beasiswa LPDP dengan warna dasar ungu, karena unggu adalah lambang dari partner.ind. memasukkan foto, elemen dan caption dalam membuat flayer pun cukup mudah. hasilnya menurut saya sendiri cukup bagus.

okay, sekian dulu ya dari fafa. Intinya kita harus terus menyesuaikan diri dengan teknologi. meski pertama kali tidak akan mudah, tapi adanya teknologi untuk mempermudah hidup kita, dengan belajar lama kelaaman kita nanti juga bisa menggunakan canva app. semangat belajar semua.

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^