Fafavoice, catatan Fafa

Idcloudhost Domain

Idcloudhost Domain

Haloo masih dengan fafa yang berusaha untuk menjadi blogger hahaha. Sekarang masih jam 2 pagi di Edinburgh dan aku jadi terbangun karena harus mengerjakan blogspedia. Aku benar-benar ingin menyelesaikannya sampai akhir, sampai tuntas, ya setidaknya kita sudah berusaha sampai sejauh ini dan aku tetap bangga padamu fa. Lebih tepatnya artikel ini akan membahas Idcloudhost Domain.

Sebenarnya dulu sekali fafa sudah pernah memasang tld lewat shopee dan membayar selama setahun agar bisa menjadi blogger. Namun ternyata itu saja tidak cukup vois. Memasang tld tidak langsung membuat kita menjadi seorang blogger. Tld saja enggak cukup, tulisan, performa blog, segala pernak Pernik yang ada di dalam blog juga amat sangat dibutuhkan

Balik lagi tentang memasang tld atau top level domain di blogger. Keberadaan tld ini adalah koenci agar rumah kita dikenali oleh google, dan tentu saja punya kesempatan bertengger di halaman depan google. Jadi mari kita intip perjalanan memasang tld ala fafa.

Kenapa memilih dot com?

Meskipun dot.com bersifat komersil, pasaran dan umum dipakai banyak situs lainnnya. Itu juga menjadi nilai positif dari dot com. Orang akan lebih mudah mengingat situs yang berakhiran dengan dot com dari pada yang lainnya.

Lalu aku menyematkan nama terakhir pena yang juga nama semua media social menjadi fafavoice.com, karena blog ini berisi tentang aku dan semua yang ingin aku tulis. Dan tentu semua tugas di blogspedia ini. 

Harga Top Level Domain

Karena aku sedang diburu oleh waktu, maka aku langsung membuka beberapa situs yang menyediakan jasa domain sekaligus. Aku langsung mengecek harga dari tiap provider yang ternyata tdak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Seperti situs domainesia, qwords, dewaweb, idcloudhost.

Dari mengunjungi keempat situs tersebut aku mencari yang paling cepat prosesnya, dengan alur pembayaran yang mudah dipahami yakni idcloudhost. Domainesia memang yang paling murah dan sangat user friendly tapi Ketika check out selalu loading, diulang berulang kali pun tetap sama. Sedangkan dewa web ada beberapa alur yang tak kupahami seperti nameserver? Atau apa yang membuatku tidak melanjutkan pembayaran.

Sedangkang qwords cenderung lebih mahal 20k setelah ppn. Berhubung jiwa mak-mak ku meronta-ronta walau hanya selisih 20k saja, hahaha akhirnya aku memakai idcloudhost. Langkah awalnya pun cukup mudah:


1. Googling idcloudhost domain, klik link yang tidak ada tulisan iklan.

2. Ketika sudah muncul tampilan seperti tinggal memasukkan nama domain, dan jenil tld nya disitu aku memasukkan fafavoice.com. lalu klik check. Nah di halaman selanjutnya idcloudshost menampilkan perbandingan jumlah harga dengan tld yang berbeda. Jika sudah mantap dengan pilihan kita ngsung aja klik check out. Centang DNS management free/1 year. Free DNS management ternyata hampir ada di setiap situs domain termasih di idcloud host. Jadi kitas bisa utak atik di situ.

3. Setelah itu klik continue. Nah temen-temen akan langsung diarahkan di bagian pembayaran. Sebelumnya vois harus mengisi data seperti ini.


4. Masukkan nama, alamat, email, nomer telepon dan passport dengan lengkap ya. Setelah ini vois bisa geser ke bawah di sana ada pilihan pembayaran. Menurutku kelebihan dari id cloud hosting, karena proses pendaftarannya yang cepat, mudah dan banyak pilihan pembayaran. Pada waktu itu aku memilih bca virtual account, agar tidak keliru memasukkan nominal transfer. Jangan lupa centang “I have read and agree” baru check out. Pembayaran akan otomatis terverivikasi oleh system. Jangan lupa untuk membuka email terlebih dahulu untuk verivikasi.

Apakah domain blog sudah bisa langsung kita gunakan? Tidak semudah itu ternyataa, oh ternyata.


Memang proses awal dari id cloud host cukuplah mudah, cepat dan sat set, tapi ternyata resikonya sesuai yang dijelaskan mbak marita, jatuhnya aku harus banyak memasukkan banyak kode - kode ke DNS management, dan ini cukup pusiing hahaha.

Jadi kode tidak otomatis ada, mau gak mau aku harus memasukkan kode secara manual. Cara bagaimana, masuk ke domain, manage, DNS management. Nah disitu ada beberapa kode yang perlu kita tambahkan, contohnya:
Menambahkan 4 baris A name seperti contoh berikut:
Persih seperti gambar di bawah ini ya, dan R datanya ternyata IP google, bebas memasukkan IP yang manapun, Nah kemaren aku salah memasukkan, kukira IP dari domain ku fafavoice.com, pantes kok gak bisa, padahal sudah dijelaskan juga wkwkwk.

Setelah memasukkan A name memang tidak langsung bisa kita gunakan, tenang semua itu butuh proses. Kita juga harus memasukkan satu cname unik yang ada pada dashbor kita. Sepertinya setiap domain memiliki kode unik yang berbeda. Sudah ada tiga cname bawaan, kita cukup tambahkan satu baris lagi. Kalau punyaku yang seperti ini ya:



Melihat kode ini ada Ketika kita memasukkan custome domain, lalu gagal, lalu ada keterangan sesuai di panduan itu, nah berhubung punyaku sudah berhasil jadi aku gak bisa screen shot ke kalian vois.

So far lumayan menantang, tapi setidaknya aku berhasil memilih, membeli dan memasang domainku sendiri. Jadi sebuah Langkah awal untuk belajar blog lagi dan terus aktif menulis sampai akhir.

Ada satu kendala sih, sepertinya Ketika aku mengetik fafavoice.com hasil situsnya tidak secure itu yang aku belum paham dan memang butuh untuk diutak atik lagi yaa.
Semoga artikelku ini bermanfaat ya dan sampai bertemu di pembahasan beriktunya vois 






Post a Comment

Terima kasih sudah membaca ^^