Fafavoice, catatan Fafa

Nasi Padang Endulita, Sekali Makan Mana Cukup?

Nasi Padang Enak



Masakan Padang sesuai dengan namanya, mencerahkan hati kita semua yang doyan banget makan-makanan enak. Sebagai escape route pasti kenal banget dengan nasi padang. Sudah kebanyang belum, kuah nendang penuh rempah, daging rendang yang empuk, sambal padang yang mantap dan sayur – sayuran daun singkong dan tewel, serta kremesan. Es teh menambah paket 4 sehat 5 sempurnaa, 6 enak bangett.

Foodie

Gaji yang sebulan diupayakan kemudian habis untuk makan makanan enak. Bagi vois yang setiap hari berpikir, besok pagi makan apa ya, nanti siang makan apa ya, nanti malam enaknya makan apa ya, yess bearti kita samaan.

Sebagai kaum omnivora yang pemakan segala yang halal dan nikmat. Makanan bisa menjadi sebuah penghilang stress dan membuat hati bahagia. Maka nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan? Review kali berdasarkan seorang foodie yang doyan makan tentang Nasi Padang favorit di daerah Sedati Sidoarjo.

Nasi Padang

Nasi padang sudah sangat mendunia. Rendang didapuk sebagai masakan nomer satu terenak di dunia menurut situs CNN pada tahun 2016 dan 2017. Rendang ini termasuk bagian dari pilihan berbagai macam lauk yang ada di Nasi Padang.

Nasi Padang sekarang sudah ada di daerah manapun tidak hanya ada di Sumatera. Sebagai pilihan alternatif makan siang yang enak dan murah. Meski kita bisa menemukan masakan padang dimanapun, namun tidak semua nasi padang itu sama harganya dan sama rasanya.


Ada nasi padang yang murah tapi rasanya kurang, ada juga yang enak sekali tapi rasanya di luar budget. Nah sebagai seorang fodie sejati, riset, mencoba masakan baru dan membandingkan setiap makanan adalah tugas kami hahaha, meskipun sebatas untuk kepuasaan pribadi.

Surya Minang Prasmanan

Akhirnya setelah sering berpetualang ke restauran, warung dan tempat makan padang sekitar rumah, aku melabuhkan hatiku ke salah satu masakan padang di daerah Betro Sedati Sidoarjo.

Rumah Makan Padang Surya Minang Prasmanan
Jl. Garuda No.50, Kepuh, Betro, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61253, Indonesia
Buka setiap hari dari hari Senin – Ahad, pukul 07.00-22.00 WIB. Lokasinya berdekatan dengan Pasar Betro.

Nasi Padang Surya Minang

Rasa yang Mantap

So far setelah berkelana menjajal semua masakan padang, sejauh ini, nasi padang surya minang prasmanan yang paling enak dan mantap. Rempah – rempah begitu terasa, pedas dari sambal yang nampol dan sayuran yang segar.

Pilihan Lauk yang banyak

Lauknya banyak banget kamu bisa menemukan apapun yang kamu mau di sini. Kami sekeluarga suka banget makan Nasi Padang Limpa dan Kikil, di sini porsinya banyak dengan ukuran lauk yang besar, lumayan gede. Makan nasi padang di sini serasa menang banyak. Menang rasa, harga dan kualitas.

Dari mulai tahu, cumi, udang, rendang, limpa, paru, begedel, kepala ikan, ayam kuah, ayam goreng, ikan kuah dan goreng, teri, terong, semuanya ada dan enak semuaa. Lauknya selalu baru, bukan lauk kemaren. Usahakan jangan beli terlalu sore atau malam, takutnya lauk yang kita incer sudah habis duluan

Harga yang Terjangkau

Setelah beberapa kali. Jadi di sini hanya dibandrol harga sekitar 20-27K sekali makan lengkap dengan nasi dan es teh.
Boleh hanya beli lauk dan sayurnya saja, yang tentu akan lebih murah berkisar 10-15K tergantung dari pilihan lauk yang dipilih

Kekurangan

Semua di atas adalah kelebihan dari nasi padang minang prasmanan dari segi rasa, harga, porsi yang melipah. Nah ketika makan di sana karena tempat makan juga digunakan untuk menonton TV pegawai yang sedang memotong-motong sayuran dll, jadi kurang nyaman.

Pilihan minum yang kurang, variasi minuman mungkin hanya kopi, teh, es jeruk dan air putih. Jadi tidak ada minuman khusus seperti jus, milkshake atau yang lainnya. Karena memang spesiality di sini adalah makanannya.

Tempat parkir yang disediakan sangat terbatas. Tidak ada tempat parkir untuk mobil, untuk motor pun hanya ada space di depan warung aja. Mungkin hanya cukup untuk lima kendaraan. Jadi yang menggunakan mobil mungkin harus pintar-pintar mencari tempat parkir dengan rumah makan padang ini.

Jalanan betro adalah jalan dengan lalu lintas yang cukup padat dengan jalan yang tidak terlalu lebar. Ketika jam-jam sekolah atau jam kerja setiap pukul 07.00-09.00/16.00-18.00 dengan lalu lintas yang padat merayap, maka tentu akan lebih susah dan melelahkan untuk sampai ke tempat nasi padang. Untuk terhindar dari kemacetan, kita harus berangkat di siang hari yang tentu akan terasa lebih panas.

Rumah Makan Minang Prasmanan sudah ada di shopee, gojek dan grab, jadi kita bisa makan nasi padang enak cukup sekali klik. Harga tentu akan berbeda dibandingkan dengan membeli langsung di sana.

Memesan menggunakan aplikasi memang lebih praktis, namun kita tidak bisa leluasa dalam memberikan catatan, seperti porsi nasi yang lebih sedikit, atau ekstra sambal. Karena mereka tidak membaca catatan kita, dan memberikan porsi standar pada umumnya.

Kuy Mampir:

Aku sudah mencoba beberapa nasi padang lainnya, mungkin ada yang lebih enak, tapi harganya di luar nayla dan tidak habis fikri. Banyak juga nasi padang lainnya yang menawarkan harga lebih murah, tapi tentu rasa sangat jauh berbeda.

Sudah tidak terhitung berapa kali aku mampir ke tempat ini, setiap melewati betro, pergi ke puskesmas, atau beli lewat shopee food dan gojek. Aku jamin rasa nasi padangnya enak banget, sejauh ini yang terbaik dan pasti akan kembali lagi suatu saat nanti.




5 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. "Karena nasi padang gak pernah salah" Ya kak fafa

    ReplyDelete
  2. Wah Mbaaaa, bikin ngiler. Di sumbar rumah makan Surya punya banyak cabang juga Mba.

    ReplyDelete
  3. Aku menulis ini, sambil nahan laparr wkwk

    ReplyDelete
  4. Aku baca gambaran nasi Padang plus es teh jadi 5 sempurna aja udah ngiler mb. Apalagi ada rincian lauk banyak seperti limpa, dsb. Untung gambar makanannya nggak satu-satu hehe. Jadi pengen nasi Padang deh. Dulu padahal blas nggak suka nasi Padang, eh gegara diperjalankan ke kotanya langsung jadi suka wkwk.

    ReplyDelete