Fafavoice, catatan Fafa

Tips Lolos Beasiswa LPDP S2 sekali coba, Kamu juga bisa

Lolos Beasiswa LPDP S2 sekali coba,


Hello Vois, pembaca catatan fafa. Apakah vois ingin mendaftar beasiswa LPDP atau malah sedang proses persiapan mendaftar beasiswa bergensi ini? Jika iya artikel ini akan bermanfaat bagi kamu semua. Di sini fafa akan share bagaimana cara untuk diterima beasiswa LPDP S2 ataupun beasiswa LPDP S3.

Mimpi yang terasa berat dan muncul sebelum kita lelap tertidur, suatu saat tidak hanya sekadar mimpi. Usaha, doa dan segala yang sudah kita coba dan upayakan pasti akan berhasil membuat mimpi itu menjadi realita.

Vois keren banget, karena sudah sampai di titik ini. Jangan menyerah aku yakin kamu pasti bisa meraihnya suatu saat ini. Memang apapun yang kita inginkan pasti ada resikonya, dan tentu selalu ada rintangan untuk mencapai ke sana, termasuk untuk mendapatkan Beasiwa LPDP S2 ini.

Jangan membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang, setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya. Membandin-bandingkan gkan adalah perkerjaan yang paling melelahkan. Karena perjalanan setiap orang akan sangat berbeda.

Seperti kasusku, persiapan mencari beasiswa sudah kumulai sejak duduk di semester 3, banyak seminar beasiswa yang aku ikuti. Setelah lulus pun aku mulai fokus belajar TOEFL dan yang lainnya. Tiga tahun itu adalah jarak kelulusan hingga berkuliah di The University of Edinburgh. Tidak ada kata terlambat selama kita mau berusaha selalu. Keep going!

Beasiswa LPDP Santri S2


Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diminati oleh banyak mahasiswa, termasuk aku. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dibawah naungan Kementrian Keuangan memberikan kesempatan yang luas bagi siapapun untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Membentuk Putra Putri Bangsa terbaik menjadi SDM yang unggul untuk mengabdi kepada negeri.

Setelah melaksanakan PK (Persiapan Keberangkatan) angkatan 214 Sattva Anjani, mendapatkan berbagai materi yang menarik dari Pak Dwi Larso dan para awardee LPDP. Aku semakin yakin bahwa beasiswa LPDP ini tidak hanya untuk kalangan elit semata, tapi untuk semua orang yang mempunyai semangat yang sama, Semangat membangun Negeri kita Indonesia.

Beasiswa LPDP S2

Beasiswa LPDP S2 ini terbuka untuk semua jurusan, semua kalangan. Jadi tidak peduli apapun background kamu dari kampus manapun, swasta atau negeri, jurusan favorit atau enggak, bagi LPDP itu bukan masalah. Tujuan kampus baik dalam maupun luar negeri pun memiliki kesempatan yang sama. Maka jangan takut untuk memulai ya.

Sesuai Visi Misi LPDP

Dari tadi bahas visi misi. Visi Misi LPDP itu sebenarnya yang seperti apa sih? LPDP mencari calon penerima beasiswa yang professional, leadership, mencintai dan ingin kontribusi kepada Indonesia. Sebuah nilai yang sebenarnya dimiliki oleh setiap diri warga negara Indonesia yang baik, bagaiaman cara mengemasnya dalam sebuah artikel yang mencerminkan nilai tersebut. Itulah tugas kita.


Bila merasa diri ini kurang mencerminkan visi misi LPDP, lalu bagaimana langkah selanjutnya agar sesuai visi misinya? Nilai professional bisa diambil dari langkah kita menuju ke professional itu. Ingin menjadi seorang pengacara, dokter, penulis, ahli hukum apapun itu, sudah kita buktikan dengan langkah kecil.


Sedangkan untuk nilai leadership tidak harus skala besar, bisa sebagai ketua Karang Taruna, kordinator organisasi, ketua acara tertentu atau anggota organisasi tertentu juga tidak masalah. Kontribusi pun juga demikian, hal – hal kecil nan sederhana yang kita lakukan dan bermanfaat bagi masyarakat. Cek juga artikel beasiswa lainny ya.
Beasiswa LPDP
PK-214 Presentase Penerima Beasiswa LPDP setiap tahun




Tips lolos LPDP

1. Persyaratan yang sesuai

Langkah awal adalah jeli membaca persyaratan pastikan kita sesuai dengan persyaratan yang ada di list LPDP, seperti umur, IPK dan yang tidak kalah penting adalah syarat bahasa. Untuk tahap pertama asalkan dokumen yang kita submit sesuai dengan ketentuan LPDP pasti akan lulus di tahap berkas.

2. Langkah awal

Jangan terlalu terbawa membayangkan wawancara, menjadi awardee bila tahap pertama belum vois lalui. Mulailah dengan langkah kecil yang bisa kita lakukan di depan mata. Bila belum mempunyai nilai TOEFL yang tinggi, maka fokus belajar dan Tes TOEFL. Bila sudah ditahap 1 maka siapkan essay yang matang, dan seterusnya.

3. Belajar Ekstra

Vois harus menyadari bahwa ada ribuan orang di luar sana yang berusaha dengan gigih dan memiliki keinginan yang sama untuk menjadi awardee LPDP. Jadi untuk mengalahkan semua orang itu, apa yang harus vois lakukan? Belajar dan berkerja ekstra dari pada yang lainnya

4. Confident

Mungkin kita merasa apa yang kita tulis tidak ada apa – apa nya dibandingkan peserta lainnya. Itu hanya satu sisi, menurut pandangan kita aja. Tapi mungkin menurut orang lain itu adalah suatu hal yang menarik
Tapi jika kita sendiri saja tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri, bagaimana mungkin vois mampu meyakinkan pewawancara untuk memilih vois menjadi awardee LPDP S2?

5. Persiapan yang matang

Semua step dalam seleksi beasiwa LPDP S2 itu penting dan essensial, tidak hanya wawancara. Jangan meanggap remeh satu langkah, karena bisa jadi kita akan gagal di langkah itu. Persiapkan dengan baik setiap langkah dengan penuh kehati-hatian.

6. Jangan takut untuk meminta tolong

Lebih baik berjalan bersama dari pada berjalan sendirian. Jangan takut untuk meminta tolong kepada temen, kakak kelas, atau sekadar kenalan untuk mereview essay dan membantu latihan wawancara.
Semisal temen kita itu gak bisa, vois bisa minta tolong ke teman yang lainnya. Pasti ada yang mau membantu. Karena feedback dan masukan dari orang lain itu sangat penting.

7. Coba terus

Mungkin aku memang mendapatkan beasiswa LPDP ini sekali coba. Namun sebelum mendapatkan beasiswa ini aku mencoba untuk memenuhi persyaratan beberapa beasiswa, dan ternyata belum rezekinya.

Ada yang harus mencoba empat kali beasiswa LPDP ini, ada juga yang daftar berbagai beasiswa dalam satu tahun. Dan aku tahu itu pasti akan sangat melelahkan.
Daftar beasiswa ini gratis dan vois tidak perlu membayar biaya apapun. Tetap semangat.

Jadi itulah tips dari fafa untuk bisa menjadi awardee beasiswa LPDP S2. Jangan lupa untuk baca boklet yaa temen-temen. Aku yakin kamu juga pasti bisa menjadi awardee dan diterima beasiswa LPDP S2.

Beasiswa LPDP
sumber: instagram LPDP


4 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. MasyaAllah keren mbak Fafa

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah keren mbak, pernah terpikir daftar LPDP tapi nggak pede :D semoga nanti begitu anak2ku besar bisa mendaftar jadi bisa sharing tips dari mbak fafa. Semangat mbak!

    ReplyDelete