Fafavoice, catatan Fafa

Content Planner Bagi Blogger Adalah Sebagai Berikut

Content Planner Adalah


Hii vois, sudah memasuki tahap genting alias babak akhir dalam perjalanan kepenulisan blogku di Blogspedia coaching 4 nih. Hal yang cukup penting dan essensial untuk seorang blogger adalah menentukan Konten Planner. Dengan adanya konten plan, blogger pun jadi lebih aktif dan leluasa menentukan konten apa saja yang ingin ditulis.

Content Planner adalah

Rencana konten tulisan Blogger. Rencan konten ini bisa disusun selama mingguan, bulanan atau tahunan. Merencanakan konten ini sangat dianjurkan, karena segudang manfaat yang akan diperoleh oleh penulis blog maupun pembaca. 

Pertama tentukan dulu akan memposting berapa kali dalam seminggu, seminggu sekali, dua kali atau tiga kali. Lebih baik tentukan hari apa akan memposting sebuah tulisan karena selain kita memiliki rutinitas, pembaca pun sudah siap dan tau kapan konten berikutnya akan tayang. Tapi yang konsisten ya (sedang berbicara pada diriku yaa, yang konsisten ya diriku ini) jangan sampai mengecewakan pembaca.

Jangan lupa untuk membuat list  dan mencatat konten apa yang akan atau sudah dibuat dalam exel, catatan yang lebih rapi. Jadi blogger pun mengetahui catatan perjalanan kepenulisan dan rekam jejak tulisan. Buatlah semenarik mungkin atau sesuai kamu banget, kan jadi lebih nyaman dan semangat menulis. Yook


Manfaat Content Planner Bagi Blogger

Lebih siap akan menulis

Dengan membuat sebuah rencana, dan proyeksi tulisan ke depannya. Kita sebagai penulis jadi memiliki komitmen yang (terpaksa) dikerjakan hahaha. Jadi harus ingat kenapa memulai semua ini dan kenapa harus menjalaninya. Untuk bermanfaat kan, dan tentu itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada usaha dan kerja keras dari diri ini (yang seringnya pemalas) dengan adanya semua itu jadi, rancangan dan rencana setidaknya membuat kita siap untuk menulis.

Lebih mudah untuk membuat tulisan berikutnya

Melihat semua tulisan yang sudah kita proyeksikan ke depan, tulisan yang pada akhirnya selesai kita tulis dengan susah payah. Jadi selalu mengingatkan bahwa kamu sudah sejauh ini, ternyata bisa kok, menyelesaikan semua tulisan yang sudah lampau, begitu pula tulisan ke depan pasti jadi jauh lebih mudah dan bisa. Untuk itu jangan ragu untuk menulis dan terus berusaha. Nyatanya kamu bisa. Dengan adanya konten yang sudah dikategorikan tercatat

Niche menjadi lebih terarah dan terstruktur. 

Niche dalam blog ini adalah gado gado atau life style bisa berupa tema apapun yang disukai oleh penulis. Banyak sekali niche yang sudah ditulis dan pilihan tag dalam blog fafavoice.com tapi lagi-lagi karena penulis dasar suka-suka aja, jadi semua tulisan berdasarkan mood penulis dan apa yang penulis rasakan. Seperti halnya niche sekarang yang aku tulis adalah beasiswa dan perjalananku ke Edinburgh.

Seharusnya untuk go professional, adanya keseimbangan konten di setiap niche. Harusnya semua niche itu seimbang, tidak hanya fokus ke satu saja. Terlebih nicheku banyak sekali, tag tentang banyak hal, karena hal yang kusuka itu bermacam-macam.

Mungkin saja, ada teman-teman yang menunggu tema literasi, tema review buku, tema kuliner ataupun traveling. Nantinya bisa mengakomidir semua pembaca, gitu enggak sih?
Jadi untuk plan seminggu ke depan ini aku ingin membaginya ke niche lainnya, seperti sastra, literasi, review kuliner, review film, mengikuti perlombaan dan terakhir tentu saja kesayangan kelas blogspedia coaching 4.


Content Planner 16-  21 Oktober 2023

Berikut beberapa tema dan judul tulisan yang akan kutulis: tentang beasiswa (berdamai dengan diri sendiri), Literasi pendidikan di luar negeri, Review Film, Lomba FLP (Cakap Berbahasa dengan FLP), Review Tempat Makan (Kuliner) dan terakhir Blogspedia coaching 4.

16 Oktober 

Berdamai dengan diri sendiri dan berdamai dengan orang tua. Episode yang menyadarkanku bahwa setiap kekurangan ada kelebihan. Ada banyak hikmah dari setiap kesukaran yang kita rasakan.  Sebelum memulai segala sesuatu hal besar atau kecil, memang ada baiknya untuk selesai dengan diri kita sendiri. Sambil terus berproses.

17 Oktober 

Literasi Pendidikan di Luar Negeri
Ketika menjalani proses pendidikan di luar negeri, aku jadi semakin tau tingkat literasi yang ada di Indonesia. Memang bener, ojo dibandeng-bandengke. Setidaknya kita mampu berbenah, belajar dan ingin lebih baik lagi.

18 Oktober 

Review Film
Film yang aku review adalah “Hati Suhita” yang aku kaitkan dengan konten perempuan modern dengan gaya dan caraku sendiri. Intinya yang terpenting dalam kehidupan adalah kebahagian dan mendapat ridhanya Allah. Termasuk dalam memilih seorang yang akan menjalani kehidupan bersamanya nanti.

19 Oktober

Lomba FLP: Pandai berbahasa dengan FLP
Untuk merayakan setiap pencapaian dan usaha adalah dengan berusaha lebih baik, dan lebih kuat lagi. Yaitu dengan menantang diri sendiri untuk mengikuti lomba Blogger. Yang penting mungkin bukan hadiah, juga bukan juara. Tapi kita sudah berusaha dan ikut berkompetisi dengan sehat dan jiwa yang membara. 

20 Oktober

Review Tempat Makan
Sebagai foodie yang suka makan rasanya kurang lengkap tanpa review makanan enak yang terjangkau, oke punya. Yuhuu kita akan review makanan kali ini, steak embongan deket rumahku atau mungkin bakso aci enak deket rumah, yang sangat enak banget di makan.

21 Oktober

Blogspedia coaching 4
Sebuah anugerah dan perjuangan sampai akhir, di sini untuk babak final. Kita akan merayakan dan juga berjuang habis-habisan menulis sampai akhir untuk postingan 6 hari berturut dari blogspedia. Sungguh beruntung dan bahagia rasanya sudah menjadi bagian dari blogspedia coaching 4. Semoga bermanfaat sampai akhir ya.





3 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. Keren Content Planner untuk seminggu kedepan kak, jadi penasaran. Ditunggu ya tulisan seminggu ke depannya kak.... :)

    ReplyDelete
  2. wow rencana hariannya udah detail ..

    ReplyDelete
  3. Ditunggu kak untuk tulisannya, penasaran sama yang review film hehehe..

    ReplyDelete