Fafavoice, catatan Fafa

Film Kartun Anak Yang Mendidik, Membentuk Karakter

film kartun anak yang mendidik

Menjadi orang tua tentu perkerjaan yang mulia penuh tanggung jawab. Tugas mendidik dan membentuk karakter seorang anak. Apapun yang anak lihat akan cepat diserap, ditiru dan mungkin teringat seumur hidupnya. Maka dari itu memilih film kartun yang mendidik juga membantu perkembangan emosi, daya tangkap dan kecerdasan anak. 

Kebanyakan animasi dan film dibuat oleh negara-negara non-muslim seperti Jepang atau Amerika. Tentu vois khawatir banyak budaya tidak baik yang akan ditiru oleh anak. Karena anak sangat peka dan mudah meniru apapun yang dilihatnya.

Sebagai seorang anak yang dari kecil sampai dewasa menyukai film animasi dan kartun. Banyak hal yang bisa kupelajari dari animasi, untuk selalu mengejar mimpi, pantang menyerah, mencintai lingkungan dan diri sendiri. Anak-anak pun bisa menikmati film kartun sekaligus mendapatkan pelajaran yang mendidik. Setelah berbagai pertimbangan, berikut adalah rekomendasi film atau animasi yang mendidik, penuh makna pengetahuan dan feel-nya itu dapat banget.

Film Kartun Anak Yang Mendidik

Up

film kartun anak yang mendidik


Film yang berkisah tentang petualangan seorang bocah pramuka dan kakek tua. Film ini dikemas dengan sangat menarik, namun juga sederhana. Mimpi sederhana seorang pasangan bahagia untuk pindah rumah ke sebuah tempat yang indah di atas air terjun. Mimpi itu pun yang tidak juga terwujud, sampai sang istri tiada.

Rumahnya pun terancam tergusur proyek pembangunan. Si kakek pun akhirnya memutuskan untuk mewujudkan mimpinya dengan mengikat ribuan balon, sehingga rumahnya bisa terbang. Itu adalah momen yang sangat menegangkan, juga sangat seru.

Kakek dan anak laki-laki ini pun melanjutkan perjalanan yang sangat menegangkan melewati berbagai macam musuh untuk menyelamatkan seekor burung dodo yang terancam punah dari penangkapan liar. Kisah ini mengajarkan mimpi, kasih sayang kepada hewan.

Lorax

film kartun anak yang mendidik


Apa jadinya jika tidak ada lagi pohon yang tersisa di muka bumi dan manusia harus membeli oksigen untuk bertahan hidup? Berlatar belakang masa depan, dengan transportasi dan bentuk rumah yang unik, semua masyarakat harus membeli oksigen berupa galon udara. Semua pohon, tumbuhan yang ada di kota itu palsu dan artificial semata.

Film lorax menampilkan perjuangan seorang pemuda yang menemukan biji tumbuhan dan merawayatnya hingga menjadi pohon. Ia dan teman-temannya melawan bos yang menjual oksigen. Dengan menonton film ini, anak akan belajar betapa pentingnya pohon bagi kehidupan dan manusia.

Studio Ghilbi

film kartun anak yang mendidik


Bentangan sawah nan hijau, air yang mengalir jernih, suasana pedesaan yang asri itulah ciri khas dari film-film studio ghilbi. Menonton film ini membawa kembali masa kecil ketika bermain di sungai menyusuri sawah menjadi hal yang sangat menyenangkan. 

Meski anak-anak yang berada di kota besar akan jarang merasakan udara yang sejuk. Namun, lewat film ini, kita jadi tersadar betapa anak-anak sangat membutuhkan alam untuk mengasah daya pikir, keterampilan, dan emosi. Film animasi yang selalu teringat adalah My Neighbour, Totoro. Petualangan adik kakak yang baru pindah ke desa yang kecil, membuat mereka tanpa sengaja masuk ke dunia Totoro. 

Konflik sederhana ketika Mei memutuskan kabur dari rumah untuk menemui ibunya yang dirawat di rumah sakit. Hal ini membuat kakaknya kalang kabut mencarinya. Akhirnya dengan bantuan Totoro mereka pun bisa melihat ibunya baik baik saja. Animasi ini mengajarkan tanggung jawab.

Kungfu Panda

film kartun anak yang mendidik


Tingkah lucu Po, panda yang ditunjuk menjadi kesatria naga. Po yang gemoy ini pun harus mengikuti latihan yang berat, berlatih bela diri di bawah bimbingan master Shu. Po pun merasa tidak percaya diri dan ragu dengan kemampuan dirinya, namun ia tetap berjuang sekuat tenaga, hingga Po mampu menjadi kesatria naga dan menyelamatkan desanya. Melalui Po, vois belajar tentang mencintai dan percaya kepada diri sendiri.

Finding Nemo

film kartun anak yang mendidik


Film ini memang yang sangat lama, ketika masih duduk di bangku SD hingga sekarang. Karena animasi yang cakep, film ini pun masih asyik ditonton sampai saat ini. Berkisah tentang ikan badut yang bernama Martin, mencari anaknya nemo. Ia dan Dory berpetualang menyeberangi lautan, bertemu hiu, penyu dan ubur-ubur hingga berhasil menemukan Nemo.

Anak-anak akan mampu mengamati terumbu karang yang indah, ekosistem bawah laut yang unik nan menarik dan keankeragaman hayati di laut. Bahkan orang tua di sini diajarkan untuk lebih percaya kepada anak, dan anak juga harusnya mendengarkan nasehat orang tua.

Toy Story

Toy story ini ada tiga seri. Tapi paling suka seri pertama. Konsepnya unik, dimana salah satu mainan tertinggal dan perjalanannya untuk kembali pulang ke rumah pemilik mainan. Dengan menonton toy story, anak akan lebih menyayangi dan merawat mainan dengan baik.

Film Kartun Anak Yang Mendidik Lainnya

Banyak sekali film kartun mendidik dengan konsep unik dan menarik. Semuanya memiliki nilai tanggung jawab, pantang menyerah, dan pembentukan karakter. 

  • Doraemon Stand By Me, Persahabatan harus dijaga, sesama teman harus saling tolong menolong dalam kebaikan
  • Ratatolie, Menembus batas, bahkan seekor tikus pun bisa mewujudkan mimpinya menjadi chef.
  • Brave, Bahwa menjadi perempuan tidak menghalangi untuk mencapai cita-cita.
  • Zootopia, Mewujudkan impian bisa dengan berbagai cara, kuncinya jangan patah semangat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Banyak sekali film kartun anak yang mendidik lainnya hihihi. Tapi yang di atas itu adalah pilihanku, karena aku rasa sangat pas konteksnya untuk anak-anak yang sedang bertumbuh. Ada juga judul lain seperti Lilo and Stich, upin ipin, the Lion King, Big Hero, Ice Age, Frozen, Adit dan Sopo Jarwo, Moana. Apa rekomendasi animasi kalian vois?? Sudah pada nonton pastinyaa.


5 comments

Terima kasih sudah membaca ^^
  1. Aku sampai segede ini masuk suka nonton film kartun. Jadi penasaran film lorax,oksigen diperjualbelikan. Mahal pastinya

    ReplyDelete
  2. Dari posternya jadi penasaran sama film lorax, ini nontonnya bisa dari youtube ya kak fafa?

    ReplyDelete
  3. wah ini sih semua film nya bakal diceritakan kembali ke anak dn jadi fans.

    ReplyDelete
  4. Udah nonton semua kecuali Brave. Kalau lagi bosen, sering rewatch Totoro, Up, The Lorax. ❤️

    ReplyDelete
  5. Upin ipin sudah menjadi tontonan anak setiap hari, nangis kalau gak dikasi nonton.

    ReplyDelete